RUMAH ZAKAT BERSAMA MASYARAKAT BANJARMASIN KELOLA BANK SAMPAH

1304 RUMAH ZAKAT BERSAMA MASYARAKAT BANJARMASIN KELOLA BANK SAMPAHBANJARMASIN. Permasalahan lingkungan hidup merupakan salah satu masalah yang cukup menjadi sorotan di abad 21 ini. Rumah Zakat sebagai lembaga filantropi berbasis pemberdayaan juga sangat memperhatikan masalah ini. Melalui Desa Berdaya, Rumah Zakat ingin pemberdayaan di masyarakat bersifat terpadu termasuk perhatian terhadap kondisi lingkungan Desa Berdaya.

Berdasarkan hasil assesment dari fasilitator Rumah Zakat, salah satu permasalahan di Desa Berdaya Sungai Miai Banjarmasin yaitu masih ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Maka alternatif yang ditawarkan oleh fasilitator adalah program pengelolaan sampah yang terpadu dan menarik bagi masyarakat.

Melalui program Kampung Berseri yaitu salah satunya kegiatan Bank Sampah, masyarakat dibiasakan untuk mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah non organik menjadi barang bernilai guna sehingga dapat menambah penghasilan. Program Kampung berseri dari Rumah Zakat ini sejalan dengan visi misi Walikota Banjarmasin yaitu Banjarmasin Baiman (Bersih, Indah, dan Nyaman). Pembentukan Bank Sampah ini disambut baik oleh warga Sungai Miai Dalam RT 5 Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin.

Setelah dibentuk kepengurusan, Bank Sampah Semita pun resmi launching pada tanggal 12 April  2017. Diketuai oleh Rosmilawati, sekretaris Ratnawati serta bendahara Hj Zulhidayah, Bank Sampah Semita mulai melakukan aksinya untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi lebih berguna . Pembentukan Bank Sampah Semita ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Bank Sampah Induk Kota Banjarmasin.

Launching Bank Sampah ini dihadiri oleh 23 orang warga, staf Dinas Lingkungan Hidup, Lurah Sungai Miai,  tim Bank Sampah Induk, dan perwakilan dari Rumah Zakat Kalimantan Selatan. Dalam acara peresmian Bank Sampah ini diadakan pula sosialisasi kebijakan pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Lurah Sungai Miai, H. Johansyah sangat mengapresiasi atas terbentuknya Bank Sampah Semita ini dan program Rumah Zakat lainnya di Desa Berdaya Sungai Miai. Pak H. Johansyah  berharap dengan adanya program Kampung Berseri ini dapat mengurangi permasalahan sampah yang dibuang ke sungai dan memberdayakan warga Sungai Miai.

Pak Hatim dari Bank Sampah Induk Kota Banjarmasin mengungkapkan “Permasalahan kita adalah inovasi dari produk pengolahan sampah, saya ingin Bank Sampah Induk dapat bekerjasama dengan Rumah Zakat dalam membina warga dalam pemanfaatan sampah menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi”

Rumah Zakat bersama warga mengelola Bank Sampah Semita ini dengan berbasis pemberdayaan pada ibu-ibu rumah tangga yang cukup banyak di Sungai Miai. “Kampung Berseri menitikberatkan pada perubahan pola pikir masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus memberdayakan warga sekitar. Rumah Zakat siap berkolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak” jelas Rasyid, Fasilitator Rumah Zakat

Newsroom/Muhammad Rasyid Ridha

Banjarmasin

 

Tags :
Konfirmasi Donasi