RUMAH ZAKAT DAN KITABISA.COM SUKSES KEMBANGKAN USAHA PA ZAINAL

RUMAH ZAKAT DAN KITABISA.COM SUKSES KEMBANGKAN USAHA PA ZAINALPADANG. Sumatera Barat merupakan daerah  yang terkenal dengan aneka macam kuliner tradisional yang khas dan memiliki cita rasa yang lezat. Hal ini terbukti semakin banyaknya pusat oleh-oleh dan perbelanjaan yang diburu oleh para wisatawan Domestik maupun Internasional.

Melihat prospek yang cukup menjanjikan ini, salah satu member binaan Rumah Zakat cabang Padang, bapak Zainal Efendi mulai membuka usaha berupa makanan tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, makanan itu bernama kerupuk jengkol.

Kerupuk jengkol Malin yang diproduksi oleh bapak yang biasa dipanggil Zainal ini berbeda dari kerupuk yang biasa dijual oleh sebagian orang. Olahan kerupuk jengkol dicampur dengan ubi yang telah digiling dengan tujuan membuat rasa kerupuk menjadi lebih enak dan renyah saat dimakan.

Pak Zainal fokus bersama istri dalam menjalankan usaha ini. Setiap hari mereka selalu bekerja sama dalam memproduksi kerupuk jengkol ini. Dengan melihat prospek pasar  yang menjanjikan, saat ini Pak Zainal mencoba melakukan inovasi pada produknya, beliau tidak hanya memproduksi kerupuk jengkol mentah dan matang saja, namun juga membuat inovasi rendang jengkol. Jengkol dan ubi dicampur dengan bumbu rendang kemudian dibuat adonan seperti potongan daging yang bahan dasarnya terbuat dari jengkol yang sudah tua dan ubi.

Kini dengan bentuk dan inovasi produk bisa bertahan hingga 2 bulan tanpa mengurangi rasa. Peminat dari inovasi produk terbaru Pak Zainal juga sudah semakin banyak. Ini terbukti dari produksi perharinya untuk kerupuk jengkol menghabiskan 5-7 kg adonan dan untuk rendang jengkolnya bisa mencapai 3 kg. Pak Zainal sudah telah memiliki P-IRT dan Label Halal MUI untuk produknya sehingga sudah dipasarkan di Pusat oleh-oleh ternama di kota Padang seperti Christine Hakim dan Shirley. Keuntungan dari usaha yang dijalani mampu mencukupi kebutuhan keluarga dan sisanya dapat ditabung oleh Pak Zainal.

Kendala yang sering dihadapi oleh Pak Zainal adalah cuaca, karena kerupuk biasanya harus dijemur di bawah terik matahari, namun jika hari hujan tak jarang Pak Zainal harus merugi karena adonan hancur. Solusi dari kendala ini Pak Zainal ingin mempunyai mesin pengering spinner yang digunakan untuk mengeringkan adonan jika cuaca hujan. Harapan Pak Zainal kita telah terwujud nyata, mesin yang beliau inginkan telah ada dengan bantuan donatur dari Kitabisa.com dan Rumah Zakat.

“Alhamdulillah selama menjadi member binaan Rumah Zakat saya merasa terbantu dan usaha saya semakin berkembang, harapan kedepannya usaha saya menjadi besar dan diberi keberkahan”,  ujarnya kepada Fasilitator Rumah Zakat, (23/03).

 

Newsroom/Rino Saputra

Padang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi