RUMAH ZAKAT DAN TELKOMSEL BANGUN LIMA SARANA AIR BERSIH

JAKARTA. Dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, Rumah Zakat bersama Telkomsel melalui Majelis Taklim Telkomsel (MTT) akan membangun lima Water Well (sarana air bersih) di Batam, Bandung, Gresik, Klaten dan Balikpapan. Diharapkan kelima Water Well tersebut segera terwujud dalam tiga bulan mendatang, sehingga warga kurang mampu dapat memanfaatkannya.

CEO Rumah Zakat Rachmat Ari Kusumanto mengatakan seluruh bangunan sarana air bersih tersebut ditempatkan di lingkungan padat penduduk yang sangat mengharapkan dukungan air bersih. Kendati air tersebut tak dapat langsung dikonsumsi, setidaknya kebutuhan untuk MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) bisa digunakan.

\”Minimal satu waterwell dapat dimanfaatkan untuk 20 Kepala Keluarga (KK),\” kata Rachmat yang didampingi Executive Vice President HR Manajemen Telkomsel, Pambudi HT Soenarsihanto.

Bagi manajemen Telkomsel, pembangunan Water Well ini bertujuan untuk membantu warga kurang mampu di lingkungan padat penduduk. Jika kegiatan ini membuahkan hasil, maka Pambudi berharap ke depan akan ditingkatkan lagi. \”Kami berharap, masyarakat pun dapat menjaga dan memelihara peralatan tersebut, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan,\” katanya.

Pambudi pun mengatakan, MTT Telkomsel menganggarkan dana Rp 250 juta untuk membuat sarana air bersih di lima wilayah, “Untuk satu wilayah dianggarkan Rp 50 juta. Dana ini termasuk untuk biaya perawatan dan edukasi masyarakat, ” katanya.

Untuk Rumah Zakat, kehadiran Water Well merupakan bagian dari rangkaian program Senyum Mandiri. Adapun pendekatan yang dilakukan Rumah Zakat untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah melalui Integrated Community Development (ICD) atau wilayah binaan.***

Newsroom/Sucipto
Pusat

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia