RUMAH ZAKAT GELAR AKSI BAKTI SOSIAL BERSIHKAN KAWASAN PESISIR PANTAI SASA KOTA TERNATE

TERNATE (17/11). Kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab kita semua. Menjaga alam agar tetap asri dan bersih membutuhkan dukungan dari semua pihak. Pada tanggal 17 November 2018 kemarin, Relawan Rumah Zakat gelar aksi bakti sosial di Kelurahan Sasa. Waktu tempuh untuk sampai ke Kelurahan Sasa ini kurang lebih 1 jam perjalanan dengan transportasi umum (mobil) dari pusat Kota Ternate. Dengan melewati jalan yang berkelok kelok dan tanjakan dengan pemandangan gunung, rumah penduduk dan laut cukup menarik untuk dinikmati. Masyarakat Sasa bermata pencarian sebagai petani, nelayan, buruh, PNS, swasta dll.

Bakti sosial yang dilakukan oleh Rumah Zakat ini bekerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Ternate dan Madrasah Tsanawiah Darul Ulum Sasa. Sekitar 250 siswa partisipasi dengan baik dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mengedukasikan sedini mungkin kepada siswa dan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. Edukasi mengenai pentingnya kebersihan laut dan manfaat dari laut yang bersih disampaikan selama kegiatan ini berlangsung.

Kegiatan bakti sosial yang di lakukan oleh Rumah Zakat ini mandapat apresiasi dari masyarakat setempat terutama yang tinggal di pesisir pantai.

“Kami sangat bersyukur dan senang dengan kegiatan sosial pembersihan pesisir pantai yang dilakukan oleh Rumah Zakat, dengan kegiatan pembersihan ini pesisir pantai yang tadinya kotor oleh sampah pelastik sekarang sudah bersih” ujar bapak Rusdi Noho salah satu warga yang tinggal di pesisir pantai.

Harapan Masyarakat kegiatan untuk bakti sosial ini, semoga bisa memicu kesadaran warga yang lain secara menyeluruh agar mau dan bisa menjaga kebersihan pantai dari sampah demi menjaga kelestarian ekosistem laut.

Bersih itu indah  Pantai bukan tempat sampah. Kelurahan Sasa Kec Ternate Selatan Kota Ternate harus tetap asri dan terjaga keindahannya.

Newsroom
Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Konfirmasi Donasi