RUMAH ZAKAT GULIRKAN PROGRAM PETERNAK BERDAYA DI DESA DEPOK

GARUT (29/10). Berbagai program Rumah Zakat digulirkan, dalam rangka memberikan manfaat bagi sesama. Salah satu program yang sedang di gulirkan di Ds. Depok Kec. Pakenjeng Kab. Garut, yaitu program peternak berdaya, gaduh domba.

Melalui program ini, penerima manfaat mendapatkan bantuan berupa pelatihan, bibit domba, stimulan kandang, dll. Program ini sangat bermanfaat, terutama bagi petani kecil. Karena dengan adanya program ini, petani mempunyai pekerjaan tambahan. Seperti di tuturkan Herman (46 tahun) yang berprofesi sebagai buruh tani,

“Alhamdulillah, sekarang saya memiliki pekerjaan tambahan, mudah-mudahan dengan bantuan ini, penghasilan saya semakin meningkat,” ujarnya

Hal serupa disampaikan oleh Zamiludin Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, program peternak berdaya ini sangat cocok digulirkan di desanya, mengingat ketersediaan pakan yang cukup melimpah dan SDM yang cukup memadai.

Selama ini, mayoritas petani di pedesaan memelihara hewan ternak merupakan kegiatan sampingan, artinya belum dikelola secara profesional. Sehingga, penghasilan dari usaha ternaknya belum begitu signifikan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Oleh karena itu, program peternak berdaya ini diharapkan menjadi salahsatu solusi untuk meningkatkan taraf hidup khususnya peternak kecil.

“Salahsatu keunggulan program ini yaitu adanya pendampingan yang intensif, sehingga perkembangan ternak akan terkontrol dengan baik.

Semoga program ini dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan yang diharapan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusunya di pedesaan,” ujar Zamiludin.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi