RUMAH ZAKAT HADIR DI PERINGATAN BULAN PRB NASIONAL DI BANGKA

BELITUNG, Jum’at (11/10) – Hari Pengurangan Risiko Bencana (International Day for Disaster Reduction) diadakan setiap 13 Oktober untuk memperingati bagaimana orang-orang dan masyarakat di seluruh dunia mengurangi keterpaparan masyarakat terhadap bencana.

Indonesia sendiri sudah melaksanakan Peringatan bulan PRB Nasional sejak tahun 2013 dan sudah dilakukan 7 kali. Berikut Kab/Kota tempat pelaksanaan Bulan PRB: Mataram (2013), Bengkulu (2014), Solo(2015), Manado(2016), Sorong(2017), dan Medan(2018).

Di tahun 2019 Peringatan bulan PRB Nasional dilaksanakan di Belitung pada tanggal 11-13 Oktober 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun tema dalam Peringatan bulan PRB Nasional 2019 adalah Sustainable Resilience for Sustainable Development dengan lebih memfokuskan pada “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi.”

Sebagai Lembaga Kemanusiaan, Rumah Zakat bekerjasama dengan Kementrian Desa turut hadir dalam rangkaian kegiatan peringatan PRB Nasional dalam sesi FGD Implementasi Penanggulangan Bencana di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

Dalam FGD ini Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda membahas tentang ketangguhan ekonomi masyarakat melalui Program Desa Berdaya dan Direktur Penanganan Daerah Rawan Bencana Bapak Drs Hasnam Mu’im membahas mengenai dana desa. Selain FGD Rumah Zakat juga medirikan stand pameran yang menunjukan aksi-aksi kemanusiaan Rumah Zakat dalam menanggulangi bencana.

Newsroom

Lailatul Istikhomah / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi