RUMAH ZAKAT HADIRI LAUNCHING UIS

ACEH. Islamic Development Bank (IDB) mengadakan launching peresmian sistem teknologi informasi “Unified Information sistem (UIS)”, Rabu (11/6). Sistem UIS ini akan digunakan untuk meng-update informasi mengenai pemanfaatan dana dan kegiatan pembinaan yang diperuntukan bagi anak yatim korban Tsunami Aceh yang dikelola dalam sebuah program, Orphan Kafala Program (OKP) bersama dengan OIC Alliance dan Rumah Zakat.

Dengan sistem berbasis teknologi informasi ini pemanfaatan dana bantuan dan up date informasi mengenai kondisi anak yatim dapat terpantau secara transparan sehingga informasi dapat diakses dengan mudah dan kredibel.

Launching UIS, diresmikan langsung oleh Presiden IDB Ahmad Mohamed Ali di Lamyong Banda Aceh. Acara peresmian juga dihadiri oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Direktur OIC Alliance Mustofa Sabri Yavuz, dan Cheif Fundrising Officer Rumah Zakat Rahmat Noviar Bustari. Sejak tahun 2006, IDB dan OIC Alliance telah menyantuni anak yatim korban Tsunami Aceh melalui Orphan Kafala Program. Melalui program ini tiap anak yatim mendapatkan santunan sebesar 30 dollar tiap bulan yang diperuntukan untuk kebutuhan hidup, support pendidikan, kesehatan, pendampingan, dan vocational training.

Sejak Oktober 2010, Rumah Zakat diberi kepercayaan untuk menjalankan program ini khususnya untuk 250 anak yatim yang berdomisili di Kecamatan Baiturrahman, Bandarraya, Jayabaru, Kutaalam, Kutaraja, Leung Bata, Meuraxa, Syiah Kuala, dan Ulee Karang, dimana semua kecamatan ini berada di Kabupaten Banda Aceh. Menurut Ahmad Muhammad Ali, Orphan Kafala Program ini merupakan salah satu program yang tersukses yang dilaksanakan oleh IDB. Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pelaksana program, dimana salah satunya adalah Rumah Zakat.

Acara launching ini dimeriahkan oleh penampilan anak yatim yang merupakan penerima manfaat program. Mereka menampilkan pertunjukan tari, puisi, pidato, dan nashid. Adapun anak yatim yang dibina oleh Rumah Zakat menampilkan pertunjukan nashid yang dinyanyikan dengan berkelompok. Performance mereka mendapat apresiasi dari penonton yang menghadiri acara tersebut. Launching UIS ini ditutup dengan pemukulan gong oleh Presiden IDB dan penyerahan plakat kepada Presiden IDB yang diserahkan oleh Rahmat Noviar Bustari selaku CFO Rumah Zakat.  ***

Newsroom/Tri Utami Solichah
Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi