RUMAH ZAKAT MAKASSAR BERSAMA ZIS ROHIS LINTASARTA MENGGELAR KHITANAN MASSAL

MAKASSAR (16/12). Rumah Zakat Makassar bersama ZIS Rohis Lintasarta membuka pendaftaran khitan gratis untuk anak-anak  yatim dan dhuafa. Kegiatan dimulai pukul 06:45 wita dengan pendaftaran & penimbangan peserta. Pada saat pendaftran peserta langsung diberikan snack & bingkisan berupa baju.

Lokasi penyelenggaraan Khitan Massal ini bertempat di Kelurahan Berua Kecamatan Biringkanaya tepatnya di SMPIT-SMAIT AR RAHMAH. Dalam pembukaan acara dihadiri oleh ketua RW setempat RW.07 bapak H. Syahiruddun memberikan sambutan. Beliau menuturkan harapannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan kembali dilain waktu. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Public Health Makassar ibu Salmiah Made, dan terakhir sambutan oleh Laode Mahkota sebagai perwakilan dari Lintasarta. Sebanyak 5 karyawan lintasarta yg hadir pada kegiatan tersebut. Acara dibuka secara simbolisasi dengan pemberian bingkisan & uang suka oleh lintasarta yg didampingi oleh ketua RW.07 & Public Health Makassar.

Sebelum melakukan proses khitan, terlebih dahulu dilaksankan pembacaan doa oleh Battiar S.Pd. Kemudian anak-anak diarahkan ke ruangan medis untuk kemudian di khitan. Untuk mengurangi ketakutan peserta khitan di ruang tunggu di berikan dongeng oleh kak rini dari tim dongeng keliling perpustakaan Makassar dengan Judul Muhammad sang pemberani.

Proses khitan dipantau berjalan lancar dengan menggunakan metode cauter. Beberapa peserta sempat down & mau mundur karena takut ketika sudah di meja tindakan. Tapi dengan kerja keras & penjelasan dari tim akhirnya sebagian besar anak mengerti & mau untuk di khitan.

Ibu Fatmawati selaku orang tua Ananda Awal sangat bersyukur karena tim berhasil membujuk anaknya. Awalnya Ananda memberontak ketika akan di khitan, bahkan ketika anestesi sudah dilakukan anaknya kabur dari ruangn.

“Alhamdulillah, dokter & Relawan Rumah Zakat sangat sabar membujuk anak saya, sampai akhirnya berhasil di khitan.”

Newsroom

Silvia Zakiah Itsnaini

Tags :
Konfirmasi Donasi