RUMAH ZAKAT OLAH 8.039 KAMBING DAN 700 SAPI MENJADI KORNET SUPERQURBAN

PROBOLINGGO. Rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban 1433 H telah berakhir. Sepanjang musim qurban kali ini, Rumah Zakat mendapatkan amanah qurban dari masyarakat sebanyak 8.039 ekor kambing dan 700 ekor sapi. Amanah tersebut kini telah ditunaikan penyembelihannya dan tengah dalam proses pengolahan menjadi kornet Superqurban.

 “Terima kasih kepada seluruh donatur yang mempercayakan qurbannya kepada Rumah Zakat. Semoga ibadah qurban kita diterima Allah Swt dan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan gizi masyarakat baik di Indonesia maupun di daerah-daerah rawan pangan di seluruh dunia,” kata Chief Program Officer (CPO) Rumah Zakat, Heny Widiastuti, yang juga ketua panitia Superqurban 1433 H melalui media rilisnya, Jumat (2/11).

Proses penyembelihan hewan qurban Rumah Zakat dilakukan di Desa Sepuh Gempol, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mulai Jumat (26/10) hingga Minggu  (28/10) lalu. Setelah disembelih, selanjutnya daging hewan qurban tersebut diolah menjadi kornet Superqurban. Sementara itu bagian lain dari hewan qurban seperti kepala, kaki, dan jeroan disalurkan langsung setelah dilakukan penyembelihan kepada masyarakat “Kami membagikan bagian hewan qurban yang tidak dikornetkan kepada 7.040 orang Penerima Manfaat di 63 titik di Desa Sepuh Gempol, Superkare Wonomerto Kabupaten Probolinggo, Triwung Lor, dan Jl Sukabumi Kota Probolinggo,” tutur Program Management Departement Head Rumah Zakat Herlan Wilandari.

Penyembelihan hewan qurban ini melibatkan 1.060 ahli potong hewan. Selain itu juga mengikutsertakan  180 karyawan  PT. Agro Niaga Abadi maupun sumber daya lainnya, ditambah 37 orang Quality Control, dan 25 orang relawan Rumah Zakat. Daging penyembelehan qurban tersebut kini sedang dalam proses kornetisasi  selama satu bulan untuk diolah dari daging qurban menjadi kornet Superqurban. Acara penyembelihan hewan qurban ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Drs H Hasan Aminuddin Msi  dan sejumlah perwakilan dari mitra Rumah Zakat seperti Bakrie Amanah, Pertamina, Al Izhar Peduli Zakat, MTT Telkomsel, Semen Gresik, PT PLN, Kemensos, Bank Jatim, dan mitra lainnya.

 “Terima kasih kepada donatur, mitra, CSR perusahaan, maupun  Rumah Zakat  yang telah memberdayakan masyarakat  kami untuk terlibat dalam penyembelihan hewan qurban ini maupun menjadi penerima manfaat,” kata Bupati Probolinggo Drs H Hasan Aminuddin, Msi. Program Superqurban merupakan langkah optimalisasi daging qurban agar memiliki manfaat lebih panjang dan penyaluran lebih merata.

Kornet Superqurban, bahkan bisa tahan tiga tahun tanpa pengawet dengan sistem sterilisasi dan menjangkau pelosok tanah air saat daging qurban lainnya sudah habis saat hari Raya Idul Adha. Sepanjang tahun 2011-2012 Rumah Zakat telah menyalurkan 376.312 paket Superqurban di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri, paket tersebut disalurkan untuk korban bencana alam, anak jalanan, masyarakat pulau terluar, serta untuk masyarakat kurang mampu binaan Rumah Zakat lainnya. Sementara di luar negeri, paket Superqurban disalurkan di Somalia, Palestina, hingga Rohingya.***

Newsroom/Hanifudin Mahfuds
Probolinggo

Tags :
Konfirmasi Donasi