RUMAH ZAKAT PONTIANAK LAKUKAN AKSI PENYULUHAN DAN SWEEPING PEROKOK

rz PONTIANAK HTTSPONTIANAK. Bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2013, Rumah Zakat dan STIKES YARSI Pontianak kembali bersinergi dengan menggelar Aksi Penyuluhan Kesehatan dan sweeping perokok di sekitar Pontianak Timur, Kamis (31/5). Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.30 ini diawali dengan penyuluhan kesehatan di SMA Negeri 9 Terpadu Pontianak dan disampaikan langsung oleh mahasiswa STIKES YARSI. “Materi penyuluhan yang kami sampaikan tentang manfaat sarapan pagi dan bahaya merokok yang disertai dengan peragaan menggunakan alat simulator untuk memberikan ilustrasi penempelan plak–plak (Tar dan Nikotin) pada organ paru akibat kebiasaan merokok,” tutur Uti Rusdian Hidayat selaku kepala unit penelitian dan pengabdian masyarakat Stikes yarsi pontianak.

Di akhir kegiatan penyuluhan, Tim Rumah Zakat dan STIKES YARSI serta siswa siswi SMA Negeri 9 Terpadu Pontianak yang di pimpin langsung oleh kepala sekolah SMA Negeri 9 Terpadu Pontianak, bersama-sama menandatangani bukti komitmen untuk tidak merokok. Setelah penyuluhan, kegiatan dilanjutkan dengan sweeping perokok di setiap warung kopi sekitar Jalan Panglima Aim dan Jalan Tanjung Raya 2. Para warga yang di dapati sedang merokok di warung kopi setempat, di minta untuk mematikan rokok untuk di tukar dengan cemilan sehat, serta di berikan pemaparan singkat mengenai bahaya merokok bagi kesehatan.

“Semoga gerakan peduli hari tanpa tembakau sedunia ini dapat memberi manfaat dan membantu para perokok untuk menyadari bahaya merokok bagi kesehatan,” tutur Tri Apriyanto program Head Rumah Zakat Pontianak.

 

Newsroom/Tri Apriyanto

Pontianak

 

Tags :
Konfirmasi Donasi