RUMAH ZAKAT RESMIKAN KAMPUNG BATIK KEMBANGMULYO DI DESA BERDAYA MULYOHARJO KAB.JEPARA

KAB. JEPARA. (27/03) Desa Mulyoharjo terletak di Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Desa ini terkenal sebagai salah satu sentra patung dan ukiran kayu. Banyak masyarakat di desa ini yang berkecimpung dalam bidang seni dan kreatifitas untuk dijadikan sumber pendapatan ekonomi.

Desa ini beberapa tahun terakhir menjadi salah satu Desa Binaan Rumah Zakat. Fasilitator Rumah Zakat yang mengabdi untuk membina desa ini bernama Bowo Sulistyono.

Ia membina para Penerima Manfaat (PM) yang merupakan masyarakat Desa Mulyoharjo menjadi pribadi yang memiliki kreatifitas sehingga bisa menunjang perekonomiannya dengan mandiri. Tidak kurang dari 20 orang PM tergabung dalam kelompok batik yang dibina oleh Bowo. Kelompok ini memiliki motif batik khusus yang dinamakan Batik Kembangmulyo.

Hari ini (27/03), Bowo Sulistiyono beserta Penerima Manfaat serta Perwakilan Rumah Zakat meresmikan kampung batik kembangmulyo dan Rumah Kreatif Batik Kembangmulyosebagai salah satu sarana penunjang produksi dan pemasaran Batik Kembangmulyo. Acara peresmian ini bertempat di Balai Desa Mulyoharjo dan dihadiri oleh
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab Jepara yaitu Bapak Ratib Zaini yang dalam kesempatan ini mewakili bupati. Selain itu dihadiri juga oleh perwakilan Dinas Koperasi, UMKM, Tenagakerja dan Transmigrasi; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; Dinas Dinas Komunikasi dan Informasi; Pegiat Pelestari Ukir, Batik dan Tenun; KADIN; BPCASEPHI; Camat; Kepala Desa; RT dan RW dan para tamu undangan diantaranya 50 orang siswa SD yang ada di sekitar Desa Mulyoharjo.

Ratib Zaini dalam sambutannya menyatakan bahwa ia mengapresiasi program Rumah Zakat ini, ia pun berharap pemberdayaan dan pembentukan kelompok batik ini diharapkan dapat menjadikan Mulyoharjo menjadi sentra batik.

“Terimakasih kepada Rumah Zakat yang sudah mendampingi Rumah kreatif ini. saya harapkan Jangan sampai berhenti disini, kita bisa saling mendukung. Sehingga keberadaan dari rumah kreatif ini nanti bisa menggangkat ekonomi masyarakat khusunya ibu-ibu. Ini juga membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan” ujarnya

Dalam rangkaian kegiatan peresmian 50 orang siswa SD yang hadir diajak membatik oleh para anggota kelompok batik kembangmulyo. anak-anak terlihat sangat menikmati kegiatan tersebut, meraka terlihat antusias mengitari mentor yang melatih mereka. Hasil karya mereka pun terlihat unik dan bagus.

Newsroom
Hermasyah/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi