RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN KORBAN KEBAKARAN DI ACEH TENGGARA

ACEH. Pasca kebakaran hebat yang melanda pemukiman warga di Desa Kutambaru, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara pada Sabtu (10/6) lalu, menghanguskan 33 rumah.  Bantuan kemanusiaan pun terus mengalir untuk para korban.

Kebakaran hebat yang terjadi di Desa Kutambaru ini terjadi tepat pukul 17.00 pada Sabtu (10/6) lalu. Terdapat 33 bangunan penduduk yang rata dengan tanah. Setidaknya ada 57 kepala keluarga dengan total 200 jiwa kehilangan tempat tinggal. Untuk sementara, saat ini korban tinggal di rumah kerabat dan penduduk lain. Beruntung dalam musibah ini tidak ada menelan korban jiwa.

Bantuan sosial, baik berupa bahan pangan maupun sandang datang dari berbagai elemen masyarakat, baik individu, lembaga sosial hingga pemerintahan, seperti dari warga sekitar, luar kecamatan, bahkan hingga luar kabupaten.

Bantuan yang datang cukup beragam, mulai dari sembako hingga pakaian bekas layak pakai. Saat ini, kebutuhan mendesak yang diperlukan warga korban kebakaran salah satunya adalah perlengkapan alat mandi. “Sebenarnya yang lebih dibutuhkan untuk warga saat ini adalah perlengkapan kebersihan, seperti bak air dan perlengkapan mandi.” Ujar salah satu korban.

Rumah Zakat sebagai lembaga sosial  turut terpanggil untuk membantu meringankan beban warga korban kebakaran yang terjadi di Desa Kutambaru. Sejumlah dana sudah disiapkan untuk menyalurkan bantuan yang dilaksanakan pada Rabu (14/06). Untuk sampai ke lokasi, tim relawan Rumah Zakat harus menempuh jarak sekitar 7 jam dari kota Medan.

Rumah Zakat menyalurkan sebanyak 33 paket perlengkapan mandi yang berupa 33 bak mandi, 33 gayung,  33 berus cuci, 33 botol shampo, 33 sabun, 66 sikat gigi, 33 paket deterjen. Bantuan tersebut langsung disalurkan ke posko desa.

Tak hanya itu, pada aksi tanggap bencana ini juga disalurkan sebanyak 80 kaleng kornet Superqurban. “Untuk teknis pendistribusian bantuan, kami serahkan sepenuhnya kepada kades setempat.” ujar salah satu relawan Rumah Zakat.

Warga Desa Kutambaru yang diwakili kepala desanya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diterima untuk warganya. “Ini yang dibutuhkan warga kami saat ini. Semoga para donatur dan relawan Rumah Zakat mendapatkan pahala berlipat dan balasan setimpal dari Allah SWT,” tutup Syafei.

Newsroom/Dian Ekawati

Aceh

Tags :
Konfirmasi Donasi