RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN PUTING BELIUNG KECAMATAN WARU, SIDOARJO

SIDOARJO. Tiga desa di Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo porak poranda diterjang angin kencang, Rabu (22/11/2017). Sekitar pukul 15.30 WIB mendung tebal disusul hujan deras hampir merata di Surabaya dan Sidoarjo. Selain hujan deras yang seketika menyebabkan banjir di seluruh jalan-jalan rendah, angin kencang yang berbarengan dengan turunnya hujan memicu kerusakan di Desa Tambak Rejo, Tambak Sawah dan Tambak Sumur, Kecamatan Waru.

Meski dinyatakan nihil korban luka maupun meninggal dunia, namun kerugian materi ditaksir cukup besar. Menurut informasi yang didapatkan sekitar 700 rumah mengalami kerusakan. Rincian rumah yang rusak yakni, Desa Tambakrejo sebanyak 576 rumah, Desa Tambak Sawah 50 rumah dan Tambak Sumur 128 rumah. Jumlah total 754 rumah.

Sedangkan warga yang rumahnya roboh dan rusak mengungsi di sekolah MI Darul Ulum Tambak Rejo. Jumlah warga yang mengungsi 100 orang, namun sebagian sudah kembali ke rumah dan masih bertahan. Beberapa bangunan fasilitas umum seperti masjid dan sekolah juga mengalami kerusakan. Selain kerusakan rumah warga, angin puting beliung juga mengakibatkan pohon-pohon tumbang dan jebolnya tiang listrik.

Mendengar berita tersebut, Rumah Zakat bergerak cepat untuk memberikan bantuan. Pada assessment awal Kamis (23/11/2017), Relawan membawa 80 kaleng kornet untuk membantu kecukupan bahan pangan di dapur umum. Assessment ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh pengungsi.

Selanjutnya, Relawan Rumah Zakat memberikan bantuan berupa pakaian laik pakai dan 50 buah bingkisan untuk anak pada Sabtu (25/11/2017).

Hariyanto, selaku staff desa yang bertugas menerima bantuan mengucapkan banyak terima kasih untuk bantuan dari Rumah Zakat. “Insya Allah akan kami salurkan secara merata,” ujarnya.

Hariyanto menyebutkan terdapat kebutuhan lain yang mendesak seperti seperti bantal dan selimut.
“Pengungsi juga membutuhkan popok bayi dan pakaian layak pakai” tambahnya.

Newsroom/Kuna
Sidoarjo

Tags :
Konfirmasi Donasi