RUMAH ZAKAT TARGETKAN PENYALURAN PR271 MILIAR

JAKARTA. Rumah Zakat menargetkan penyaluran zakat sebesar Rp 271 miliar pada 2011, untuk tiga program utamanya, Senyum Sehat, Senyum Juara dan Senyum Mandiri.

“Total yang kami salurkan dari para donatur zakat sejak pendirian Rumah Zakat pada 1998 sudah mencapai sekitar Rp400 miliar dikurangi 12 persen amil,” kata Dirut Rumah Zakat Rahmat Ari pada Public Expose Rumah Zakat, “Merangkai Senyum Indonesia 2011” di Jakarta, Rabu (9/3).

Program utama tersebut, yakni Senyum Sehat yang menyediakan berbagai pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat tak mampu, seperti Rumah Bersalin Gratiis, Siaga Sehat, Siaga Gizi Balita, Program Khitanan, Ambulans Gratis, dan Revitalisasi Posyandu.

Senyum Juara berupa program pendidikan yang digulirkan melalui pendirian sekolah SD dan SMP Juara, beasiswa dari tingkat SD, SMP, SMA hingga mahasiswa, Mobil Juara, Gizi Sang Juara dan Kemah Juara.

Senyum Mandiri yang digulirkan melalui Kelompok Usaha Kecil Mandiri (KUKMI), Empowering Centre, Sarana Usaha Mandiri, Water Well, pelatihan dan pemberdayaan potensi lokal serta sentra pembibitan Domba dan Sapi Gaduh.

“Selain melalui tiga program senyum yang mencapai 66 persen penyaluran, rumah zakat juga melakukan penyaluran langsung, penyaluran bencana, program Ramadhan hingga program Qurban,” katanya.

Rumah Zakat telah menyalurkan amanah dari para donatur kepada 653.462 penerima manfaat yang berada di Aceh hingga Papua dengan total yang disalurkan pada 2010 sebesar Rp124 miliar.

Saat ini Rumah Zakat memiliki 46 kantor cabang dengan SDM sebanyak 405 amil dengan 84.221 donatur aktif, termasuk 130 perusahaan, serta 121 wilayah binaan (Integrated Community Development/ICD).

Rumah Zakat juga telah memiliki 11 Sekolah Juara bagi anak miskin, tujuh Rumah Bersalin Gratiis, satu klinik sehat, 17 layanan bersalin gratis, 40 armada kesehatan dan mobil jenazah gratis, serta 17 empowering centre.

Ia juga menyatakan bangga bahwa pada 2010 Rumah Zakat memperoleh predikat pertama Lembaga Amil Zakat Nasional untuk kategori kepercayaan, pelayanan dan rekomendasi dari Majalah Swa.

Selain itu, penghargaan untuk kategori Best Fund Raising Growth dan Best Empowerment in Education Program melalui Sekolah Juara oleh Indonesia Magnificence of Zakat. [TMA, Ant]

http://www.gatra.com/2011-03-09/artikel.php?id=146104

Tags :
Konfirmasi Donasi