RZ BANTU 10.361 KORBAN BANJIR JAKARTA DAN SUBANG

RZ Foto melibatkan warga dalam tanggap bencana banjir Pamanukan SubangSUBANG. Hingga hari ini, Rabu, (22/01) Rumah Zakat (RZ) bantu 10.361 korban banjir Jakarta dan Subang. Bantuan disalurkan di 24 titik lokasi banjir berupa posko, dapur umum yang dibangun RZ, serta bantuan langsung ke rumah warga.

Bantuan yang disalurkan yaitu 1 unit perahu karet, 420 orang mendapatkan pelayanan kesehatan, 450 kornet Superqurban, 2020 paket makanan, 395 paket makanan bayi, 660 kg beras, 300 bungkus teh, 273 dus makanan ringan, 268 paket sarden, 258 sachet susu, 90 bungkus minuman sereal, 78 dus mie instan, 75 dus air mineral, 62 butir telur, 18 kg gula, 18 paket abon, 12 liter minyak goreng, 2 galon air, 616 popok, 334 pembalut wanita, 385 paket perlengkapan mandi, dan 42 pakaian layak pakai.

“Semua ini dapat tercapai karena kerjasama RZ dengan berbagai pihak, termasuk warga korban banjir. Kami tidak mungkin bisa bertindak sendiri tanpa sinergi dengan pihak lain,” ujar Koordinator Relawan RZ, Herlan Wilandari, Rabu (22/01).

Banjir tahun ini menyebabkan belasan KK dan jompo di Pamanukan, Subang terisolasi di beberapa rumah dan gedung sekolah. Saat belum mendapatkan bantuan dari luar, logistik, makanan dan sumber penerangan di lokasi pun sempat kritis. “Kami mendapatkan informasi itu dari SMS broadcasting. Sesaat setelah menerimanya, kami langsung mengirimkan relawan beserta logistik dan makanan ke lokasi,” terang Herlan.

Tingginya curah hujan di Indonesia beberapa waktu belakangan ini menyebabkan banjir terjadi di banyak daerah. RZ sebagai lembaga ZIS dan kemanusiaan selalu siaga mengirimkan bantuan berupa relawan teknis dan ahli, logistik serta makanan ke berbagai daerah bencana.

“RZ membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat yang ingin bersinergi meringankan beban saudara kita yang terkena bencana, baik dalam maupun luar negeri. Semoga dengan peran kita, senyum saudara kita dapat hadir kembali,” tutur Chief Program Officer RZ, Heny Widiastuti. ***

Newsroom/Sari A Rahmawati
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi