RZ DAN EPIDEMIOLOGI UIN SYARIF HIDAYATULLAH CEGAH RIBUAN ANAK TERANCAM HIV AIDS

HIVJAKARTA. Dalam memperingati hari AIDS Sedunia, RZ bersama Cita Sehat Foundation Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Seminar HIV yang berkerjasama dengan Jurusan EPIDEMIOLOGI Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium FKIK yang dihadiri oleh dr. Nadia M.Epid selaku Kasubdit HIV-AIDS Ditjend P2PL Kemenkes RI, Dr. fonny J Silfanus, M.Kes perwakilan Deputi sekretaris KPAN bidang Program, dan Fatimah Hidayanti Staff Program PMTCT Yayasan Pelita Ilmu.

Kegiatan yang di awali dengan pemeriksaan Kesehatan VCT (VOLUNTARY COUNSELING TEST)  dan Skrining  Penyakit  Jantung  dan  Pembuluh Darah,  kemudian dilanjutkan dengan seminar HIV dengan tema “Ribuan Anak Terancam HIV-AIDS”.

Selain pembicara menyampaikan materi, teman-teman dari Mahasiswa UIN khususnya jurusan EPIDEMILOGI juga memparkan hasil penelitiannya untuk menggambarkan sistem pelaksanaan PMTCT di Puskesmas Jakarta Selatan.  PMTCT  (Prevention of Mother To Child Transmission) atau di Indonesia dikenal dengan Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA). Dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa Program PMTCT di Jakarta Selatan sudah berjalan di beberapa Puskesmas Kecamatan. Namun untuk melihat outpunya masih cukup sulit. Perlu adanya tim khusus untuk menjalankan program PMTCT di Sudinkes Jakarta Selatan.***

Newsroom/Ridwan Sahidin
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi