RZ DAN POKTAN JAMUR TANJUNG KULON RESMIKAN UNIT USAHA “OEMAH JAMUR”

RZ LDKO CilegonPEKALONGAN. Dalam rangka meningkatkan potensi perekonomian masyarakat desa. Relawan Inspirasi Kabupaten Pekalongan bersama Kelompok tani jamur tiram desa tanjungkulon membuka unit usaha bersama yaitu Kedai Mie Ayam Jamur “Oemah Jamur” di Desa Tanjungkulon Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

Pembukaan unit usaha “Oemah Jamur” ini dilaksanakan pada hari Selasa (31/03). Acara Pembukaan ini dihadiri oleh Akhmad Khoyrun Najakh selaku Relawan Inspirasi, Rejo Slamet selaku Ketua Kelompok Tani Jamur Desa Tanjungkulon, Amsori selaku Kepala Desa Tanjungkulon, Sri Indah Sulistyaningsih selaku Ketua Asosiasi Jamur Kabupaten Pekalongan dan Carodi Siman, S.S anggota DPRD Kabupaten Pekalongan serta diresmikan oleh Irawan Budiwibowo, S.Hut selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Hasil Hutan Non Kayu Kabupaten Pekalongan,

Dalam sambutannya, Rejo Slamet mengucapkan terima kasih kepada Relawan Inspirasi RZ karena sudah melakukan pembinaan dan motivasi wirausaha kepada para anggota Kelompok Tani Jamur Desa Tanjungkulon. Tidak hanya Slamet, Amsori selaku Kades pun menambahkan bahwa harapannya Pembinaan dan Pembukaan Unit Usaha Bersama ini bisa dilakukan pula di desa lainnya.

Sementara Irawan mengatakan bahwa ia mendukung penuh dengan kegiatan Kelompok Tani Jamur Tiram yang telah berkembang dari usaha produksi jamur tiram menjadi produk olahan. Ia pun mengatakan bahwa pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh Relawan Inspirasi perlu diapresiasi terutama dalam hal manajemen usaha yang tidak semua kelompok tani bisa melakukan manajemen dengan baik.

Sebelumnya, Akhmad Khoyrun Najakh yang merupakan Relawan Inspirasi RZ di Kabupaten Pekalongan telah melakukan pembinaan kepada masyarakat Desa Tanjungkulon sejak bulan september 2014 untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan keunggulan potensi lokal. Selain pembinaan, Relawan Inspirasi juga menyalurkan beasiswa dari para donatur kepada 32 siswa/siswi yang tidak mampu serta membantu peningkatan gizi bagi balita yang mengalami kekurangan gizi.***

Newsroom/Rico Ayatul Yuza
Pekalongan

Tags :
Konfirmasi Donasi