RZ GELAR GERAKAN INDONESIA BEBAS MALARIA DAN DBD

RZ jakarta21JAKARTA SELATAN. RZ menggelar Gerakan Indonesia Bebas Malaria dan Demam Berdarah di wilayah Integrated Community Development Pasar Minggu. Kegiatan ini melibatkan kader jumantik berkunjung ke rumah-rumah warga, untuk memeriksa sarang jentik nyamuk di dalam rumah. Selain itu bagi warga yang rumahnya terbebas dari jentik nyamuk akan di beri reward sebagai motivasi agar rumahnya selalu terbebas dari jentik nyamuk dan terhindar dari DBD.

Berdasar data  dari Suku Dinas kesehatan Jakarta Selatan mencatat kalau kasus DBD di Pasar Minggu merupakan yang terbanyak se-Jakarta Selatan.

“Jumlah kasus DBD dari tahun 2012 meningkat 21,75 persen dibanding tahun 2011. Kasus tertinggi ini terjadi pada bulan lalu yaitu Maret. Dan Maret, kasus tertinggi ada di wilayah kecamatan Pasar Minggu,” kata Kepala Sudinkes (Suku Dinas Kesehatan) pengendalian masalah kesehatan DKI Jakarta, Endang Mudiarti saat jumpa pers ‘Menyikapi Kejadian Luar Biasa Kasus DBD yang Terus Meningkat Setiap Tahunnya di Indonesia’, Rabu (3/4).

Menurut Endang, Pasar Minggu merupakan wilayah yang paling padat penduduknya dibanding 9 kecamatan lain di Jakarta Selatan. Selain Pasar Minggu yang mencatat adanya 57 kasus, Kecamatan Kebayoran Lama juga mencatat tingginya kasus DBD, yakni 51 kasus.

“Pasar Minggu dan beberapa kecamatan lainnya di Jakarta Selatan merupakan daerah pinggiran yang padat penduduk. Kami menghitungnya dengan perbandingan angka kesakitan 55 per 100.000 penduduk dan angka kematian kurang dari 100 persen,” jelas Endang.***

Newsroom/Ridwan Sahidin
Jakarta Selatan

Tags :
Konfirmasi Donasi