RZ GELAR PELATIHAN RELAWAN INSPIRASI JAWA BARAT – BANTEN 2016

RZ GELAR PELATIHAN RELAWAN INSPIRASI JAWA BARAT - BANTEN 2016BANDUNG. (10/03). RZ tak kehabisan akal untuk terus berupaya memberdayakan masyarakat, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Salah satu upaya RZ diantaranya adalah dengan adanya Relawan Inspirasi RZ.

Relawan Insipirasi (RI) merupakan relawan RZ yang bertugas untuk memberdayakan warga setempat melalui potensi lokal yang ada. Relawan Inspirasi berdiri sejak tahun 2013 dan telah tersebar di 193 titik di Indonesia, yakni di Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Sulawesi, Sumatera dan Papua.

Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para Relawan Inspirasi yang baru, RZ melaksanakan Pelatihan Relawan Inspirasi regional Jawa Barat – Banten pada tanggal 8 – 11 Maret 2016. Kegiatan yang dilaksankan di PP PAUDNI Jayagiri, Lembang tersebut mengangkat tema “Komunikatif dan Melayani”.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan visi-misi pemberdayaan, meningkatakan keterapilan dan pemahaman mengenai pemberdayaan para calon Relawan Inspirasi,” papar pak Deni Wahyudi, staf Divisi Manajemen ICD RZ.
“Kita ada sekitar 8 materi pada pelatihan kali ini, yaitu materi Filosofi dan Teknik pemberdayaan RZ, Social mapping, Panduan implementasi program, Boosting religi, Dokumentasi dan Sosial media, Penulisan laporan (keuangan, program), Success story dari RI Banjanegara.” lanjut pak Deni.

Penjaringan Relawan Inspirasi ini melalui proses seleksi yang ketat. Terdapat 140 orang pendaftar, dan yang lolos seleksi sebanyak 49 orang saja. Sebelumnya para calon relawan menjalani tes yang meliputi tes psikologi, tes komputer, dan juga tes wawancara.

“Pelatihannya sangat bagus ya. Saya baru kali ini dapat pelatihan yang sedetail ini tentang pemberdayaan masyarakat,” ungkap Ira Maryam dengan antusias. Beliau adalah salah satu peserta pelatihan asal Kab. Bandung. Ira Maryam (23) berprofesi sebagai Bidan yang sebelumnya aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, diantaranya pemberdayaan masyarakat.

Dalam materi Dokumentasi dan Sosial media pada hari Kamis (10/03) ini, para peserta antusias belajar praktik dokumentasi di lapangan. Mereka belajar mengenai memotret dengan angle yang tepat dan kemudian membuat rilis singkat mengenai gambar yang diambil. Para peserta terlihat sangat bersemangat mengikuti materi yang diberikan.***

Newsroom/Ai Ratih Rusmayanti
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi