RZ INGATKAN WARGA MUSLIM SOLO BERKURBAN

RZ LDKO CilegonSOLO. Tinggal menyisakan dua pekan, pelaksanaan Hari raya Kurban akan dirayakan umat muslim di seluruh dunia. Guna mengajak warga Kota Bengawan untuk menunaikan ibadah sunnah itu, RZ (Rumah Zakat) menggelar aksi di titik nol Jenderal Sudirman Solo. Sebuah gambar replika lembu, dan maskot kambing “Shaun the sheep” dipajang di depan gerbang pintu masuk Balai Kota Surakarta, Minggu (21/9).

“Kami sengaja menggelar aksi teatrikal di sini (titik nol). Tujuannya mengajak warga Solo yang beragama Islam untuk menyalurkan zakatnya,” kata koordinator kegiatan, Mei Sri Widuri.

Branch Manager di RZ Solo ini menuturkan, ditampilkannya replika sapi dan maskot ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa idul kurban telah dekat. Kegiatan lain yang dilakukan adalah membagi-bagikan leaflet kepada pengguna jalan.

Pada kesempatan tersebut, RZ sebagai salah satu Non Government Organization yang bergerak pada pengelola zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan ini melibatkan 70 orang. Mereka yakni 20 orang karyawan, 50 orang anak berprestasi dan sisanya adalah relawan RZ.

Mei menjelaskan, tahun ini RZ sudah mendapatkan bantuan sebayak 10 ekor sapi untuk kurban. Sapi tersebut akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin dan sisanya dimasak menjadi kornet.

“Kornet-kornet ini bisa bertahan hingga tiga tahun. Selain bisa digunakan untuk membantu korban bencana alam, kornet bisa dibagikan kepada penerimanya di seluruh Indonesia dengan dibantu Kementerian Kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Pada tahun lalu RZ mampu mengumpulkan kurban sebanyak 13.000 ekor kambing dan 3.000 ekor sapi. “Minggu depan kami akan menggelar kegiatan yang sama. Tetapi lokasinya di CFD (Solo Car Free Day) dengan demo masak membuat kornet,” katanya.***

Newsroom/Budi Sarmun
suaramerdeka.com

Tags :
Konfirmasi Donasi