RZ TARGET CIPTAKAN 1.000 WIRAUSAHAWAN BARU

IMG_3390BANDUNG. RZ (Rumah Zakat) target ciptakan 1.000 wirausahawan baru di tahun 2014. Penerima manfaat Program Bantuan Wirausaha adalah masyarakat terkategori penerima zakat di wilayah binaan RZ yang memiliki potensi usaha mikro untuk dikembangkan skala usaha dan produktivitasnya.

Tahun 2013 RZ ciptakan 595 wirausahawan baru di 28 kota. Para wirausahawan tersebut diberikan bantuan berupa dana dan sarana usaha berdasarkan hasil asessment kebutuhan calon wirausahawan. “Tidak lantas dibiarkan begitu saja, mereka diberikan pendampingan dan pembinaan khusus dari para pendamping,” ujar Nur Efendi, CEO RZ, Rabu (02/04).

Seorang pendamping membina 16 orang penerima manfaat Program Bantuan Wirausaha. “Mereka mengunjungi binaannya minimal sepekan sekali untuk melakukan asistensi. Saat asistensi itu dilakukan pengontrolan perkembangan usaha binaan, pemberian ilmu kewirausahaan serta motivasi,” terang Nur.

Berdasar data dari MDGs Indonesia, upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia menunjukkan peningkatan yang berarti. Penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan tahun 1990 sebanyak 15.10%, sedangkan di tahun 2011 sebanyak 5.04%. Penduduk yang menderita kelaparan pun menurun dari tahun 1989 ke tahun 2010. Hal ini ditunjukkan dengan ditunjukkan dengan prevalensi balita dengan berat badan rendah dari 31,00% menjadi 17,91%, serta proporsi penduduk dengan asupan kalori kurang dari 1400kkal/kapita/hari dari 17,00% (tahun 1990) menjadi 14,65% (tahun 2011).

Nur mengungkapkan, penurunan tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah beserta komponen masyarakat pada program-program penanggulangan kemiskinan. “Salah satu potensi yang dapat membantu penanggulangan kemiskinan adalah optimalisasi dana zakat. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyampaikan, potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp 217 triliun, termasuk didalamnya zakat individu, masyarakat dan perusahaan,” ungkapnya.

Riset IMZ (Indonesia Magnificent of Zakat) tahun 2011 menunjukkan bahwa RZ merupakan satu dari 8 lembaga zakat yang berhasil mengangkat 24% kelompok miskin dari total penerima manfaat. “Bersama mitra dan donatur, RZ menjalankan program yang dapat mendukung tercapainya MDGs Indonesia,” ujar Nur.***

Newsroom/Sari A Rahmawati
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi