RZ TERUS SALURKAN BANTUAN UNTUK 1450 KK KORBAN BANJIR JABODETABEK HARI INI

Penyaluran Bantuan RZJAKARTA. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek mulai Jumat (17/1/2014) petang hingga Sabtu (18/1/2014) dini hari, membuat beberapa pemukiman warga terendam banjir dan dibeberapa lokasi terjadi mati listrik.

Rumah Zakat (RZ) bersama tim Relawan hari ini, Sabtu (18/1) mulai bergerak menyalurkan bantuan di lokasi banjir yang dianggap paling parah. Dalam penyaluran yang menurunkan Tim Relawan RZ tersebut, Rumah Zakat menargetkan bisa membantu lebih banyak korban banjir. Hingga sore ini Rumah Zakat telah membantu 1450 Kepala Keluarga (KK) korban banjir di empat titik untuk daerah Kebon Pala Jakarta Timur, Tanah rendah kampung Melayu, Pengadegan pancoran dan Kampung Kramat Condet.

Sebagian korban banjir telah dievakuasi ke tenda-tenda pengungsian untuk membuat mereka lebih aman, adapun bantuan yang disalurkan berupa Beras 300 Kg , 200 kaleng Sarden Kaleng Siap Saji, 50 karton Mie Instan, 150 Bungkus Abon Siap Saji dan 50 dus air mineral. “Penyaluran ini adalah tahap kedua dibeda lokasi, karena melihat kondisi banjir didaerah kebon pala ini cukup parah. Maka dari itu kami memilih melakukan aksi penyaluran hari ini di daerah Kebon pala dan sekitarnya,” ungkap Koordinator Relawan RZ Herlan Wilandari.

Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti mengatakan RZ saat ini tengah melakukan Siaga Bencana Banjir di Indonesia. Sebab melihat intensitas curah hujan di Indonesia yang tinggi kerap menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Indonesia. “Oleh karena itu sampai saat ini kami masih membuka kesempatan bagi donatur yang ingin membantu para korban banjir,” ungkapnya.

Sebelumnya, di bulan Desember 2013 lalu telah menyalurkan bantuan ke tujuh lokasi banjir yaitu Pekanbaru, Cianjur, Bandung, Bojonegoro, Gresik  dan Pontianak. Jumlah keseluruhan makanan dan logistik yang disalurkan yaitu 2.600 paket Superqurban, 2.000 kg beras, 1.000 pcs sabun mandi, 680 bungkus pembalut wanita, 700 paket makanan bayi, 500 paket perlengkapan mandi, 260 bungkus popok bayi, 200 paket selimut, 200 paket deterjen, 200 paket alat tulis dan 50 dus air mineral.

Hari ini pun RZ menyalurkan bala bantuan ke daerah Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kab. Bekasi. yang dirasa cukup parah, pasalnya curah hujan yang tinggi memaksa air laut pun ikut naik ke darat. Kondisi terakhir ketinggian air mencapai sedada orang dewasa, sehingga warga Desa pantai bakti kesulitan akses keluar dari lokasi bencana.

Penyaluran bantuan kepada korban bencana merupakan komitmen RZ untuk senantiasa hadir dan membantu para korban bencana dengan dana kemanusiaan yang dipercayakan donatur kepada RZ. Bantuan tersebut berupa makanan, logistik, relawan ahli dan relawan teknis. RZ mengirimkan bantuan ke lokasi bencana baik di dalam maupun luar negeri. “Kondisi atau medan seberat apapun yang ditempuh bukanlah penghalang untuk senantiasa peduli terhadap keadaan yang terjadi. Oleh sebab itu RZ berupaya untuk selalu memberikan bantuan di mana pun lokasi bencana itu berada,” ujar Heny.***

Newsroom/Diki Taufik Sidiq
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi