RZ YOGYAKARTA ADAKAN ROAD SHOW PUGS DI 15 POSYANDU

RZ_YogyaBANTUL. Peringatan Hari Gizi Nasional Tahun 2014 menjadi sebuah langkah nyata partisipasi aktif untuk mengedukasi, mengajak masyakat mengurangi permasalahan gizi. Mulai tanggal 25 Januari – 25 Februari 2014, RZ Yogyakarta melakukan roadshow Pesan Umum Gizi Seimbang. Rangkaian roadshow dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai 13 Pesan Umum Gizi Seimbang kepada Ibu Balita di 20 Posyandu balita yang terdapat di berbagai desa atau kelurahan di Kabupaten Bantul dan Kota Yogya.

Sampai dengan saat ini, Selasa (25/2) RZ Yogyakarta melaksanakan roadshow di 15  Posyandu. Roadshow dalam bentuk edukasi perorangan maupun massal dan pemberian leaflet 13 PUGS dilakukan dengan mendatangi Posyandu binaan maupun non binaan. Tujuan dari sosialisasi ini untuk mengurangi masalah gizi ganda.

Sely Inges, Tim Sosialisasi PUGS mengatakan slogan dalam mengatasi gizi dahulu dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna, dimana masyarakat beranggapan asal kenyang akan tetapi saat ini yang lebih penting adalah gizi seimbang. Oleh karena itu, 13 PUGS sebagai penjabaran 4 sehat 5 sempurna.

13 PUGS yang disampaikan diantaranya adalah makanlah aneka ragam makanan, makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi, makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi, batasi konsumsi lemak dan minyak, sampai seperempat dari kecukupan energi, gunakan garam beriodium, makanlah makanan sumber zat gizi, berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan, biasakan makan pagi, minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya, lakukan aktivitas fisik secara teratur, hindari minuman beralkohol, makanlah makanan yang aman bagi kesehatan, dan bacalah label pada makanan yang dikemas.

Saat tim melakukan edukasi PUGS kepada Ibu Balita di meja pelayanan Posyandu, hampir seluruh Ibu Balita di Posyandu belum mengetahui tentang 13 PUGS. “Saya baru tahu sekarang ada Pesan Umum Gizi Seimbang, sebelumnya yang saya tahu tentang empat sehat lima sempurna, terima kasih RZ telah memberitahukan,” pungkas Saropah.***

Newsroom/Derajat Prasojo
Bantul

Tags :
Konfirmasi Donasi