SAMBUT RAMADHAN, RZ AJAK MASYARAKAT BERBAGI SENYUM

RZ CFD3BANDUNG. Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, RZ (Rumah Zakat) mengajak masyarakat untuk Berbagi Senyum dalam acara Smile Day di Car Free Day (CFD) Dago Bandung, Minggu (8/6). Hal tersebut dikarenakan senyum merupakan bentuk shadaqah yang paling mudah namun memiliki manfaat yang sangat banyak. Adapun bentuk kampanye yang dilakukan antara lain, Long March Berbagi Senyum, Photo Booth Berbagi Senyum, pemberian makanan dan minuman gratis bagi masyarakat yang sudah berdonasi senyum, serta pemeriksaan kesehatan gratis.

“Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa senyummu untuk saudaramu itu adalah shadaqah. Maka kami ingin mengajak masyarakat khususnya umat muslim untuk mulai berbagi dari hal yang paling kecil yakni senyum. Apalagi di bulan Ramadhan setiap amal ibadah yang kita lakukan, pahalanya berkali lipat. Berbagi Senyum saja pahalanya bisa berkali lipat, apalagi kebaikan lainnya,” ungkap CEO RZ Nur Efendi.

Pada kegiatan Smile Day, RZ meminta masyarakat di CFD Dago untuk mendonasikan senyumnya yang kemudian diabadikan dan disebarkan melalui berbagi media komunikasi. Sifat senyum yang sangat mudah menular diharapkan akan menjadi virus di tengah masyarakat. “Bagi masyarakat yang berdonasi senyum, akan diberikan free snack yang merupakan hasil karya masyarakat yang dibina oleh RZ. Hal ini untuk membuat masyarakat merasakan pengalaman dari sebuah ungkapan yang bunyinya, You Get What You Give,” ungkapnya.

Adapun pemilihan kampanye Berbagi Senyum, menurut Efendi dikarenakan orang zaman sekarang cenderung lupa senyum yang tulus dan makin jarang tersenyum. Rata-rata seorang hanya tersenyum tujuh kali dalam sehari. Tekanan ekonomi, masalah rumah tangga, perubahan gaya hidup, dan banyak lagi penyebab yang membuat orang makin sulit tersenyum. Padahal manfaat senyum sangat banyak. Dengan gerakan ini, RZ ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali tersenyum, sebagaimana citra kita sebagai masyarakat yang ramah.

Setelah Bandung, acara serupa direncanakan akan digelar di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Senyum para partisipan Smile Day akan dikirimkan kepada siswa Sekolah Juara binaan RZ, peserta program kewirausahaan RZ (Senyum Mandiri), peserta program kesehatan RZ (Senyum Sehat), dan program lingkungan hidup RZ (Senyum Lestari) dari berbagai pelosok tanah air. Peserta program RZ akan membalas kiriman senyum partisipan Smile Day. Dengan demikian akan terjadi interaksi antar pribadi yang diharapkan akan memberi pengalaman emosional sehingga bisa menghasilkan ikatan emosional.

Mengkondisikan masyarakat

Gerakan “Berbagi Senyum – Senyum Berbagi” dimulai dengan mengondisikan masyarakat lewat tantangan foto senyum bertajuk #7harisenyum. “Alhamdulillah masyarakat sangat antusias menyambut ajakan ini. Tercatat lebih dari 2000 akun media sosial baik twitter maupun instagram mengikuti tantangan foto ini. Kamipun menerima banyak respon positif dari para peserta,” kata Azlia Sovni, Corporate Secretary RZ. “Antusiasme masyarakat ini merupakan modal yang sangat bernilai untuk kelanjutan gerakan ini,” tambahnya.

Setelah Smile Day, akan ada serentetan kegiatan lain sepanjang tahun 2014 ini yang bertujuan membuat masyarakat dengan sukarela membagikan senyumnya, dan merasakan sendiri pengaruh dari senyum tersebut terhadap orang lain. Dari pengalaman semacam itu diharapkan masyarakat bukan saja lebih memahami masalah-masalah yang menghambat orang tersenyum, tetapi akhirnya juga terdorong untuk ikut dalam gerakan mengatasi berbagai masalah riil yang ada di sekitar kita. “Insya Allah, dengan dukungan masyarakat, RZ akan membuat masyarakat Indonesia tersenyum lebar, ujar Azlia. “Diawali dari membagikan senyum, dan berlanjut kepada senyum karena keikhlasan membantu orang lain yang membutuhkan.” ***

Newsroom/Agustin Santriana
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi