SAMBUT TAHUN BARU DENGAN AMALAN TERBAIK

BATAM. Rumah Zakat Cabang Batam kembali mengadakan Majelis Hikmah, Selasa (13/12). Kali ini kaum wanita yang berada di wilayah Tanjung Umu Lubuk Baja menjadi pesertanya. Acara yang membahas materi-materi keislaman ini menghadirkan Ustadz Ispiraini Lc.

Siang itu warga Tanjung Umu Lubuk Baja, terutama para wanita sudah berkumpul di Empowering Centre. Terlihat anak-anak balita juga dibawa serta oleh kaum ibu tersebut. Belasan perempuan telah siap menerima materi tentang amalan-amalan terbaik di bulan Muharram. Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Srikandi yang merupakan member Rumah Zakat ini selalu bersemangat dalam mengikuti program-program yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat.

Pada kesempatan tersebut Ustadz Ispiraini menekankan tentang keutamaan shaum pada 9 dan 10 Muharram. Dalam materi tersebut Uztadz Ispiraini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR. Muslim no. 1163). Ditambahkan pula dengan hadis berikutnya,
Rasulullah SAW bersabda: “Shaumlah kalian pada hari “Assyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Shaumlah kalian sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya” (HR Ath-Thahawy dan Al-Baihaqy serta Ibnu Khuzaimah 2095).

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh Ibu-ibu member Rumah Zakat siang itu. Selain pertanyaan seputar amalan di bulan Muharram,  ada juga pertanyaan tentang komunikasi yang baik dengan anak dan pasangan hidup sehingga anak kita mampu terbuka dan enjoy ketika berbicara dengan kedua orang tua. Acara tersebut berakhir pukul 15:30 WIB. “Berdasarkan permintaan peserta, materi Majelis Hikmah selanjutnya adalah fiqh wanita, ujar Faisal fajar, Baranch Manager Rumah Zakat Cabang Batam.***
Newsroom/Eri Santoso
Batam

Tags :
Konfirmasi Donasi