SD JUARA AJARKAN SISWA BERMUSIK MENGGUNAKAN GELAS

RZ LDKO CilegonBANDUNG. SD Juara Bandung binaan RZ (Rumah Zakat) mengajarkan siswanya bermain musik dengan menggunakan gelas. Pembelajaran ini merupakan praktek dari kurikulum sekolah bertema Pengalamanku.

“Bermain musik dengan menggunakan gitar, piano, ataupun biola itu hal biasa. Tapi, bermain musik dengan menggunakan gelas, akan menjadi pengalaman yang unik dan berkesan,” ujar Enok Rohayani, Bagian Kesiswaan SD Juara Bandung, Kamis (14/1).

Praktek pembelajaran ini diawali dengan mengatur beberapa gelas secara berjajar. Lalu gelas-gelas tersebut diisi dengan air yang volumenya berbeda pada masing-masing gelas. Setelah itu, gelas dipukul satu persatu dengan menggunakan sendok, tujuannya untuk mengetahui perbedaan bunyi dari setiap gelas.

“Dari pembelajaran ini dapat diketahui bahwa gelas yang berisi air paling sedikit akan mengeluarkan bunyi paling nyaring dibandingkan dengan gelas-gelas lain yang lebih banyak. Alhamdulillah percobaan kali ini memberikan hikmah bahwa setiap perbedaan mempunyai keistimewaan. Wallahu’alam,” papar Luthfiyatul Hakim, Wali Kelas I SD Juara Bandung.

Anak-anak sangat antusias mengikuti pembelajaran kali ini. Adanya materi ini mengajarkan mereka bahwa meskipun alat musik terbatas, tetapi dengan alat seadanya seperti gelas dan air bisa menciptakan bunyi yang tak kalah indahnya.

“Awalnya merasa heran kenapa di meja depan berjejer gelas-gelas berisi air. Kami kira, akan ada pembelajaran membuat minuman jus, tetapi setelah dijelaskan kami pun langsung memusatkan perhatian untuk mengetahui percobaan ini,” ujar Bilqis Ferisha Putri, Siswa Kelas 1 SD Juara Bandung.***

Newsroom/Tito Suherdar
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi