SD JUARA MEDAN SAMBUT HARDIKNAS DENGAN LOMBA PERMAINAN TRADISIONAL

RZ LDKO CilegonMEDAN. Pada hari Senin (04/05) lalu, suasna sekolah begitu ramai tidak seperti biasanya. “Ayo Kelas Empat! Ayo Kelas Tiga!” begitulah teriak anak-anak membahana ke langit biru, memecah keheningan pagi. Tak hanya itu, guru-guru pun ikut berteriak histeris, menjadi supporter bagi para siswanya.

Bibir mengulum rapat, alis mata berkerut menahan pemberontakan tarikan tambang ke kubu lawan. Satu, dua, tiga! Akhirnya kelas tiga berhasil ditaklukkan. Sorai Kelas empat kembali terdengar saat berhasil memenangkan tarik tambang.

Tak hanya tarik tambang yang menarik perhatian. Ada engklek, batu lima, catur, patok lele dan pecah piring. Setiap siswa wajib mengikuti permainan karena semua siswa di sekolah ini berhak menjadi juara. Tidak ada seorang pun siswa yang diizinkan ongkang kaki hanya menonton pertandingan. Semua wajib mengerahkan otot dan pikiran untuk memenangkan pertandingan karena berikhtiyar untuk jadi juara itu wajib hukumnya.

Begitulah cara SD Juara Medan merayakan Hari Pendidikan Nasional. Alih-alih ke mall atau mengajarkan anak bermain gadget, ternyata permainan tradisional memiliki efek yang lebih menyehatkan dan menegangkan. Terbukti! Usai pelombaan, anak-anak meneguk air minum dan makan dengan lahap untuk mengganti peluh yang telah membasahi tubuh. “Seru, mendebarkan dan menegangkan. Asyiknya permainan tradisional hari ini,” ujar Eka Diyah salah seorang guru di SD Juara Medan.***

Newsroom/Ivan Supangat
Medan

Tags :
Konfirmasi Donasi