SD JUARA PEKANBARU TERUS BERUPAYA UNTUK MENJADI SEKOLAH ADIWIYATA

PESD JUARA PEKANBARU TERUS BERUPAYA UNTUK MENJADI SEKOLAH ADIWIYATAKANBARU. Sebagai satuan pendidikan formal SD Juara Pekanbaru menyambut baik dan siap menyongsong Program sekolah Adiwiyata. Program Adiwiyata adalah salah satu program dari kementerian Negara Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Kesepakatan Bersama antar MENLH & MENDIKNAS Nomor: 03/MENLH/02/2010 dan Nomor: 01/II/KB/2010 tentang: PENDIDIDKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH).

Adiwiyata bermakna tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

“Setelah berhasil memperoleh Nilai Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) pada 06 Oktober 2014. Kami kembali bergerak menatap program berikutnya untuk menaikkan level sekolah menjadi sekolah berkualitas. Salah satu program yang menjadi fokus kami adalah Program Sekolah Adiwiyata”, Ujar Bapak Suriksodi Saputro selaku Kepala SD Juara Pekanbaru.

Program Adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid & pekerja lainnya), sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan & pembangunan berkelanjutan.

Langkah awal yang kami tempuh untuk mewujudkan SD Juara Pekanbaru sebagai salah satu Sekolah Adiwiyata adalah dengan membangun Kesepakatan Bersama antara SD Juara Pekanbaru dengan SD Negeri 180 Pekanbaru sebagai Pembina Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata). Penandatanganan Surat Kesepakatan tersebut dilaksanakan di SD Negeri 180 Pekanbaru pada Senin, 1 Juni 2015 dan diketahui oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

“Untuk menyukseskan program ini, pada Rapat Kerja Sekolah TP. 2015/2016 dibahas strategi untuk menjadikan SD Juara Pekanbaru sebagai Sekolah Adiwiyata. Kemudian kami menerbitkan SK Team Adiwiyata dan SK Pembagian Tugas Tertentu untuk menyukseskan program tersebut. Selain itu kami membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait upaya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) diantaranya BPOM, Puskesmas Harapan Raya, Bank Sampah, RBSK RZ Pekanbaru, MDI Pekanbaru, STIKES Hangtuah, PT. PLN (Persero) dan pihak-pihak lainnya.”, Lanjutnya.

Berbagai program dan upaya kami lakukan secara konsisten dan berkelanjutan untuk menumbuhkan dan membudayakan kepedulian terhadap lingkungan hidup kepada seluruh warga sekolah. Semua program dan kegiatan sekolah yang dilakukan mengarah kepada upaya-upaya yaitu 1). Kebijakan berwawasan lingkungan 2). Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan 3). Kegiatan Lingkungan berbasis partisipatif 4). Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Saat ini SD Juara Pekanbaru tengah bersiap untuk menerima kunjungan dari Tim Asesor dari Badan Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru. Kunjungan Tim Asesor merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui sebelum SD Juara Pekanbaru ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Pekanbaru. Semoga generasi kita menjadi generasi yang berkualitas, berakhlak mulia dan cinta lingkungan hidup.***

Newsroom/Suriksodi Saputro
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi