SD JUARA PERINGATI HARI KARTINI DAN HARI BUKU SE DUNIA

SD JUARA PERINGATI HARI KARTINI DAN HARI BUKU SE DUNIASURABAYA. Siswa SD Juara Surabaya sambut hari Kartini sekaligus Hari Buku Sedunia yang diselenggarakan pada Kamis, (20/04). Tema yang diusung dalam peringatan tersebut adalah Kartini dan Literasi.

Dalam peringatan tersebut, semua siswa dan guru putri wajib menggunakan pakaian kebaya, sedangkan siswa putra menggunakan pakaian adat jawa dan batik. Setelah siap menggunakan pakaian tradisional, para siswa dan guru pun langsung melaksanakan pawai dengan penuh semangat, meskipun rute yang ditempuh cukup jauh. Selain itu, para peserta pawai masing-masing mendapatkan kupon hadiah.

Mereka melakukan pawai dengan membawa scrapbook dan bigbook hasil karyanya masing-masing yang sudah dibuatnya beberapa hari sebelum pawai dilaksanakan. Setiap kelas harus memiliki tema yang berbeda dalam membuat scrapbook dan bigbook, diantaranya harus berkaitan dengan otobiografi Kartini, kumpulan surat-surat Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang, kumpulan kosakata baku bahasa Indonesia dan  fiksi sains.

“Hari ini saya dan teman-teman sangat senang mengikuti acara ini. Saya juga memakai kebaya, jadi terlihat anggun dan cantik. Tema scrapbook kelas saya adalah tentang biografi Kartini. Kami banyak belajar dari perjuangan beliau.” Ungkap salah satu siswa kelas IV, Mei Purba.

Setelah melakukan pawai, para siswa beralih ke aula ruangan sekolah dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini. Semua larut dalam suasana penuh semangat, terlebih ketika pengumuman pemberian kupon hadiah. Hadiah yang berbalut koran tersebut berasal dari swadaya guru, ada juga yang berasal dari para wali murid yang memberikan susu dan kue.

“Alhamdulillah, kita bisa memperingati Hari Kartini tahun ini dengan semangat yang luar biasa. Semoga siswa Juara menjadi generasi penerus bangsa yang mewarisi sifat luhur Kartini. Semangat dalam belajar, kritis, dan menempatkan ilmu agama dalam semua sendi kehidupan. Generasi yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual yang kokoh, sesuai dengan tema yang diusung, yaitu Kartini dan Literasi.” jelas Suradin selaku Kepala Sekolah SD Juara Surabaya.

Newsroom/Dian Ekawati

Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi