SD JUARA SIAP LAHIRKAN ARSITEK KELAS DUNIA

SEMARANG. Your Job is Not Your Career. Itulah salah satu judul buku yang membuat gempar kalangan karyawan di Indonesia. Buku ini lahir dilatarbelakangi banyaknya kutu loncat dalam sebuah perusahaan, dan banyaknya karyawan yang berguguran di tengah jalan. Dikarenakan pekerjaan yang mereka lakukan ternyata tidak sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki.

Sekolah Juara tidak ingin hal tersebut diatas terulang ke generasi berikutnya10-20 tahun mendatang. Karena itu, sekolah juara sejak awal berdiri sudah mendeklarasikan akan mewadahi semua potensi siswa untuk tumbuh dan berkembang. Konsep yang diadopsi adalah Multiple Intellegences System (MIS). Dalam MIS diketahui ada 9 macam kecerdasan yang ada dalam diri seorang manusia. Diantara 9 kecerdasan tersebut, adalah cerdas spatial grafik. Kecerdasan ini dimiliki olah para arsitek, pelukis, maupun desainer.

Untuk memantik dan mewadahi potensi kecerdasan spatial, guru kelas I SD Juara Semarang merancang kegiatan siswa yaitu membuat maket. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok ditugaskan membuat maket dengan tema sesuai kesepakatan kelompok masing-masing. Guru kelas tidak hanya memberikan instruksi, tapi juga telah membuat sample maket.

Maket yang dibuat ini lebih mirip dengan interaktif book. Selain membuat maket, siswa diminta presentasi maket yang dibuat. Hal ini untuk mewadahi siswa yang berpotensi linguistik. Siapa tahu 10 atau 20 tahun kedepan salah satu dari mereka akan menjadi seorang arsitek kelas dunia yang dimiliki Indonesia.***

Newsroom/Joko Kristiyanto.
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi