SEBANYAK 490 ORANG IBU MELAHIRKAN GRATIS DI RBSK RUMAH ZAKAT

RZ_RBSKBANDUNG. Setiap bulan, lebih dari 110 orang ibu mendapatkan layanan melahirkan gratis di Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK) binaan Rumah Zakat. Sejak Januari sampai April 2013 sebanyak 490 orang ibu melahirkan normal dengan bantuan bidan RBSK Rumah Zakat. “Ibu-ibu yang melahirkan di RBSK binaan Rumah Zakat mendapat pemeriksaan kesehatan kandungan sejak awal kehamilan secara gratis. Salah satu layanan yang didapat adalah pemeriksaan menggunakan USG,” ujar Hilmi Sulaiman Rathomi, HealthCare Program Departemen Head Rumah Zakat.

Layanan bersalin gratis ini dihadirkan untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak. Kementerian Kesehatan menargetkan angka kematian ibu melahirkan tidak lebih dari 21 per 1000 kelahiran pada 2014 mendatang. Saat ini rata-rata kematian ibu melahirkan secara nnasional mencapai 26 kematian per 1000 kelahiran. “Alhamdulillah dari setiap 100 ibu yang melahirkan di RBSK, angka kematiannya adalah 0. Hal ini terjadi salah satunya berkat pemeriksaan kesehatan yang rutin sebelum masa persalinan,” kata Hilmi.

Ibu-ibu yang bersalin di RBSK binaan Rumah Zakat juga mendapat pembinaan ruhani setiap pekan. “Setiap keluarga menandatangani komitmen untuk menjalankan shalat 5 waktu, melaksanakan pakaian muslimah, dan suaminya tidak merokok.” tutur Hilmi. Pada Januari, RBSK Rumah Zakat melayani 113 orang, Februari 135 orang, Maret 111 orang, dan April 131 orang. Pada April, jumlah total penerima layanan bersalin gratis sebanyak 490 orang. Pelayanan kesehatan ibu dan anak diterima oleh 14.582 orang. Pada Januari layanan ini diterima oleh 3.299 orang, Februari 4.270 orang, maret 3.680 orang, April 3.333 orang. Pelayanan kesehatan ini dilaksanakan di 8 RBSK yang tersebar di Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK) merupakan program Rumah Zakat yang memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kehamilan, dan pemeriksaan kesehatan gigi. “Saat ini Rumah Zakat sedang membangun Rumah Bersalin Sehat Keluarga (RBSK) di Semarang. Tanah dan bangunannya berasal dari wakaf masyarakat. Rumah Zakat akan menambah RBSK di Makassar. Saat ini sedang melaksanakan penggalangan dana. Ini menjadi peluang kebaikan untuk masyarakat yang peduli dengan kesehatan ibu dan anak,” kata Hilmi.***

Newsroom/Linda Handayani
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi