[:en]SEDEKAH MELAPANGKAN HATI[:]

[:en]Sahabat, adanya wabah virus corona/Covid-19 tentunya berdampak terhadap semua aspek kehidupan. Tidak hanya aspek kesehatan, aspek ekonomi pun mengalami dampak yang signifikan. Banyak pekerja yang dirumahkan, banyak karyawan yang di PHK sehingga meningkatkan pengangguran.

Hal tersebut tentunya membuat ekonomi menjadi lesu, akibat menurunnya pendapatan mereka. Hal itulah yang terkadang buat kita merasa nyesek, sedih dan marah. Tapi tenang sahabat, kita akan merasa tenang dan lapang.

Orang yang bersedekah akan merasakan dada yang lapang, hati yang tenang dan bahagia. Sebaliknya orang yang pelit akan merasakan kesempitan, dada yang sesak dan sumpek.

Diceritakan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam sebuah permisalan tentang orang yang dermawan dengan orang yang pelit:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan beju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa” (HR. Bukhari no. 1443)

Dan hal ini tentu pernah kita buktikan sendiri bukan? Ada rasa senang, bangga, dada yang lapang setelah kita memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan.

 [:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia