SEMINAR PUNCAK PERINGATAN HARI BIDAN DAN HARI PERAWAT INTERNASIONAL

BANDUNG. Dalam rangka Hari Bidan dan Hari Perawat Internasional Rumah Zakat menyelenggarakan serangkaian acara untuk memperingatinya. Adapun acara yang bertema “Ibu Cerdas, Anak Sehat, Keluarga Bahagia” tersebut mempunyai serangkaian kegiatan antara lain pijat bayi, USG gratis, lomba fotogenic Balita, pemeriksaan laboratorium, konseling, dan penyuluhan. Bertempat di Alifa Shopping Centre, puncak acara Hari Bidan dan Perawat Internasional yang berupa seminar tentang Manfaat ASI dan Pengaruh Tembakau terhadap Kehamilan diselenggarakan Minggu (27/5). Tujuan dari kegiatan ini adalah membuka akses layanan kesehatan ibu dan anak secara gratis, menciptakan komunikasi yang baik antara bidan dan pasien, pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, serta mendeteksi dini adanya kelainan atau keadaan patologis pada ibu dan janin.

Acara tersebut dibuka dengan pembacaan Al Quran oleh siswa SD Juara Bandung, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Chief Program Officer Rumah Zakat, Heni Widiastuti. “Dalam hal ini Rumah Zakat ingin turut berkontribusi untuk menekan angka kematian bayi, sesuai dengan program MDG’s,” tuturnya. Acara makin semarak dengan hiburan tatalu siswa SD juara Bandung. Selain itu juga ada tensi, dan penimbangan badan serta pemeriksaan tulang gratis yang di sponsori oleh susu Anlene.

Sesi pertama seminar diisi oleh Lintang Dwi Feridiani, ST, praktisi dari Assosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Menjelaskan tentang manfaat pemberian ASI untuk bayi dan ibunya. Sedangkan Sesi kedua dr. Rahmat Gunadi SppD menerangkan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Peserta yang mayoritas ibu-ibu tersebut tampak antusias mengikuti acara demi acara. “Saya jadi tahu tentang manfaat ASI dan betapa pentingnya menyusui,” ungkap Ibu Rina, salah satu peserta seminar yang masih memiliki bayi berusia 14 bulan.

Selain penyelenggaraan seminar, dibagikan juga bermacam doorprize untuk para peserta dan pengumuman pemenang lomba bayi potogenic serta lomba pijit bayi. Di akhir acara, diberikan juga penghargaan kepada dr. Iva Siti Fasihah yang telah mengabdi di Rumah Bersalin Sehat Keluarga dari awal berdirinya, lebih dari 6 tahun lalu.

#Newsroom/Bandung

 

Tags :
Konfirmasi Donasi