SENAM SEHAT LANSIA & PEMERIKSAAN BUMIL MERIAHKAN PERINGATAN HKN

SURABAYA. Rumah Zakat wilayah kerja Jawa Timur menggelar aksi Siaga Sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-48 tahun 2012 berupa senam sehat lansia dan pemeriksaan ibu hamil. Aksi ini bertempat di wilayah Integrated Community Development (ICD) Bubutan, tepatnya di sepanjang Jalan Margodadi Gg. Lebar dan balai RT 7 Margodadi, Gundih, Kota Surabaya, Minggu (11/11)

Kegiatan ini berlangsung selama 5 jam 30 menit yaitu pukul 06.00 WIB  hingga 11.30 WIB. Layanan yang diberikan adalah berupa senam lansia, penyuluhan kesehatan, dan PMT. Kemudian aksi dilanjutkan dengan pemeriksaan ibu hamil dengan USG dan pemberian vitamin bagi kehamilan. Semua rangkaian acara tersebut merupakan ide dari kader posyandu sendiri.

Selain itu digelar juga turut memeriahkan kegiatan dengan menggelar pasar murah yang antusias diserbu warga. Dalam kegiatan ini, hadir kepala puskesmas Gundih dr.Rahmad Su’udi beserta stafnya untuk memberikan dukungan kepada para lansia dan ibu hamil yang jumlahnya memang sangat banyak di wilayah kerja puskesmas yang dibawahinya. Ia sangat senang dengan terselenggarakannya acara ini, khususnya layanan USG untuk ibu hamil karena menurut dr.Rahmad biaya USG saat ini mahal sedangkan puskesmas sendiri memang belum mempunyai USG. Sehingga beliau merasa senang karena banyak ibu hamil, khususnya yang kurang mampu, bisa memeriksakan kandungannya dengan USG.

Dua kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan, terutama yang
diusung pemerintah dalam rangkaian kegiatan peringatan HKN tahun 2012. Senam lansia sesuai dengan sub tema yang
digulirkan kemenkes yaitu “Indonesia sehat masyarakat kuat” dan “Tetap sehat dan aktif di usia lanjut”. Sedangkan
pemeriksaan dini bumil dengan USG dalam rangka mendukung subtema “Ibu selamat anak sehat,” “Ibu cerdas anak pintar,” dan “Selamatkan generasi penerus bangsa dengan peduli kesehatan ibu” .***

Newsroom/Hisful Aziz
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi