SENI TERBUKTI KURANGI STRESS

berkreasi-seni-bagi-orang-dewasa-ternyata-memiliki-dampak-mengurangi-stres-_160620101204-850Manfaat terapi seni telah terbukti secara ilmiah. Peneliti Amerika telah menunjukkan bahwa tanpa memandang usia atau pengalaman, kegiatan kreatif bisa mengurangi tingkat stres secara signifikan lebih rendah.

Tapi dapatkan mewarnai, menggambar, pemodelan dengan tanah liat atau kolase mengurangi gejala kecemasan? Para peneliti di Drexel University, yang berada di kota AS Philadelphia, berusaha untuk mencari tahu apakah berbagai jenis kegiatan seni bisa menurunkan tingkat kortisol yang dikenal sebagai hormon stres dalam tubuh.

Untuk keperluan penelitian, 39 orang dewasa berusia antara 18 dan 59 mengambil bagian dalam kegiatan seni selama 45 menit. Kadar kortisol mereka diukur sebelum dan sesudah sesi melalui sampel air liur. Para peserta diberikan spidol dan kertas, tanah liat dan bahan kolase. Seorang terapis seni hadir, tapi sengaja membiarkan sesi berjalan sebebas mungkin, sehingga para “seniman” bisa melakukan apa yang mereka inginkan.

Para peneliti menemukan bahwa 75 persen dari peserta mengalami penurunan tingkat kortisol mereka. Kesaksian tertulis menunjukkan bahwa sebagian besar pasien saat tes sangat santai, dengan beberapa dari mereka mengalami penurunan tingkat kecemasan dalam lima menit pertama. Lainnya mengatakan bahwa mereka kurang terobsesi tentang hal-hal yang perlu dilakukan, dan mampu menempatkan hal-hal dalam perspektif mereka masing-masing.

Namun, sekitar 25 persen dari peserta tingkat kortisol justru meningkat. Para peneliti mengatakan ini wajar karena bisa disebabkan oleh keadaan yang lebih waspada dan peningkatan tingkat keterlibatan yang disebabkan oleh saat berkarya seni.

“Beberapa jumlah kortisol berfungsi sangat penting. Misalnya, tingkat kortisol kita bervariasi sepanjang hari, tingkat tertinggi di pagi hari karena yang memberi kita dorongan energi untuk memulai hari, “jelas Dr Kaimal, yang turut menulis penelitian, dilansir dari Malay Mail Online.

 

 

Sumber: republika.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi