SERUNYA HARI PERTAMA DI SD JUARA SEMARANG

SEMARANG. Senin, (17/07) para guru SD Juara Semarang menyambut kedatangan anak-anak generasi Rabbani di kampus Juara tercinta. Satu per satu tangan-tangan mungil itu menyalami bapak dan ibu guru yang sudah dari pagi menyambut mereka di gerbang sekolah dengan penuh kerinduan.

Hari pertama masuk sekolah diawali dengan sholat dhuha berjamaah. Setelah itu para siswa mengikuti apel pagi yang dipimpin oleh Bapak Zainal Abidin selaku Kepala Sekolah SD Juara Semarang. Di tengah acara, salah satu guru memberikan simbolis berupa penyematan nama dan mahkota Juara kepada siswa kelas satu yang menandakan bahwa mereka sudah resmi menjadi bagian keluarga besar SD Juara Semarang.

Suasana tiba-tiba riuh ketika Kepala Sekolah menyampaikan wali kelas baru yang akan membimbing mereka. Kegiatan apel pagi diakhiri dengan pembagian kelompok oleh panitia MOS (Masa Orintasi Siswa), satu kelompok terdiri dari kelas 1-6 dan dilanjutkan dengan bersalam-salaman kepada para guru.

Setelah apel pagi, anak-anak sudah bergabung dengan kelompoknya masing-masing yang diketuai oleh siswa kelas 6. Ketua kelompok bertugas sebagai guide memperkenalkan fisik sekolah yang mencakup ruang guru, ruang kelas, toilet, kantin, tempat wudhu, perpustakaan, UKS, gudang, ruang TIK dan berbagai ruangan lain yang terdapat di SD Juara Semarang.

Selain itu, panitia memberikan form check list kepada masing-masing kelompok. Setiap ruangan yang dikunjungi diberikan tanda check list dan guru-guru yang sudah diperkenalkan dimintai tanda tangan.

“Selain untuk mengenalkan siswa baru kepada kakak kelas, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan keakraban bahwa disini mereka tidak sendiri, ada banyak teman-teman di sekolah yang baik-baik. Hari pertama masuk sekolah ini Alhamdulillah kami tidak mendengar tangisan, semua siswa baru dengan mantap mengikuti setiap kegiatan bersama.” Ujar salah satu guru.

Setiap kelompok, kakak kelas memiliki kewajiban untuk mengajarkan satu doa pilihan, diantaranya doa keluar rumah, doa naik kendaraan, doa masuk masjid dan doa sesudah makan sebagai proyek diakhir kegiatan PLS. Dengan demikian, diharapkan dihari akhir PLS nanti siswa kelas satu menyetorkan satu doa yang sudah dipilih dan dilatih oleh kakak-kakak kelasnya. Seusai mengenalkan lingkungan sekolah dan guru, siswa masuk ke kelas masing-masing untuk mendapatkan pengarahan dari wali kelas. Tepat pukul 11.00 siswa SD Juara Pulang ke rumah masing-masing.

Newsroom/Dian Ekawati

Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi