SERUNYA PRAMUKA DI SD JUARA BANDUNG

BANDUNG. PaSERUNYA PRAMUKA DI SD JUARA BANDUNGda hari Jum’at (18/03) ini kegiatan Pramuka di SD Juara Bandung membuat anak-anak merasa tertantang. Pasalnya kegiatan kali ini tidak seperti biasanya. Mereka diharuskan membawa kacang ijo, gula merah, santan dan jahe – mereka akan membuat bubur kacang ijo.

Kegiatan pramuka seperti ini diadakan bertujuan untuk mengembangkan lifeskill anak-anak. Selain itu kompetensi yang diharapkan adalah anak-anak mampu melakukan kegiatan sesuai dengan prosedur yang sudah diberikan.

Pramuka yang diikuti oleh siswa kelas 4, 5 dan 6 ini berlangsung mulai pukul 09.30 dan berakhir pukul 10.30. Mereka dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari tiap kelasnya. Kegiatan tersebut diawali dengan prosesi upacara seperti biasa, setelahnya itu secara berkelompok mereka mencari tempat memasak di lapangan. Dengan peralatan sederhana mereka langsung beraksi membuat bubur kacang ijo. Guru hanya mendampingi dan mengawasi saja, karena semua proses kegiatan sepenuhnya dilakukan oleh siswa. HAl ini adalah untuk menumbuhkan kemandirian siswa.

Hanya berbekal secarik kertas petunjuk pembuatan bubur kacang ijo mereka bahu-membahu membuatnya agar bisa dinikmati bersama-sama. “Ketika kelompok kami akan menyalakan kompor, ternyata kompornya tidak nyala. Sehingga kami harus mencari kompor yang lain. Akhirnya kelompok kami telat. Tapi itu pelajarannya, jadi kami harus bersabar,” ujar Farhan, siswa kelas 6.

Setelah pembuatan bubur kacang ijo selesai. Mereka pun menikmati jerih payah mereka. Semua hasil karya mereka dinikmati dengan rasa syukur. Hasil dari sebuah kemandirian, kesabaran dan ketekunan memang terasa nikmat. Alhamdulillah.***

Newsroom/Tito Suhendar
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi