SETIAP ANAK ADALAH JUARA

SEMARANG. SD Juara Semarang menggelar Seminar Pendidikan bertemakan ‘Setiap Anak adalah Juara’,di Waroeng Djoglo, Sabtu, (31/12). Seminar kali ini merupakan edisi spesial dari parenting school rutin SD Juara Semarang. Dalam parenting school ini menghadirkan pakar multiple intelligences Indonesia sekaligus penulis buku best seller ‘Sekolahnya Manusia dan Gurunya Manusia’, karya Munif Chatib.

Acara kali ini juga menghadirkan Ciptono, Kepala Sekolah SLB Negeri Semarang, Ketua Komite SD Juara Semarang yang pernah menjadi pemenang Kick Andy Heroes bidang pendidikan tahun 2009. Pada kesempatan ini, Ciptono membawa serta dua siswanya yang berkebutuhan khusus. Namun ia memiliki potensi yang luar biasa, anak pertama bernama Bakhul, tunagrahita yang pandai menyanyi dan hafal banyak sekali lagu. Anak kedua bernama Bagus yang tunanetra namun pandai matematika dan membaca prosa.

Kegiatan ini diikuti tidak saja oleh wali murid SD Juara Semarang, namun juga peserta umum dari luar. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 22 peserta umum, 4 tamu undangan dan beberapa amil Rumah Zakat nampak memenuhi kursi yang disediakan oleh panitia.  Dalam kesempatan ini Munif menggugah para peserta mengenai kemajemukan kecerdasan anak, meruntuhkan pandangan umum selama ini bahwa anak cerdas itu hanya dinilai dari pelajaran matematika saja. Dalam otak anak terdapat banyak sekali cluster kecerdasan, yang kadang salah satunya rusak atau lemah, namun sebenarnya masih ada banyak cluster kecerdasan yang bisa dioptimalkan dan dilejitkan.

Munif menggambarkan ada 5 hadiah yang bisa didapatkan orang tua dari anak-anak mereka. Hadiah itu adalah bintang yang cerah cemerlang, samudra luas dengan segala isinya, harta karun yang berharga namun masih menjadi misteri, penyelam yang kita sebagai orang tua harus mampu menyelami samudra luas itu, dan yang terakhir adalah bakat.

Dalam seminar ini nampak sekali antusiasme para peserta, baik dari internal wali murid SD Juara maupun dari peserta umum, banyak sekali yang mengajukan pertanyaan, atau sekedar sharing mengenai masalah yang muncul pada anak-anak ataupun siswa mereka.

Newsroom/Yulifia Kurnia Putri
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi