SHARING HAPPINESS WUJUDKAN KELAS BARU UNTUK MI CIPELAH 2

SHARING HAPPINESS WUJUDKAN KELAS BARU UNRUK MI CIPELAH 2CIANJUR. MI Cipelah 2 merupakan satu-satunya sekolah tingkat dasar yang ada di wilayah Dusun Mekarwangi, Desa Girimukti, Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur. Adapun sekolah negeri yang ada jaraknya cukup jauh dari dusun tersebut. MI Cipelah didirikan sejak tahun 1950-an di atas tanah waqaf yang dihibahkan salah seorang warga di sana. Akses jalan menuju MI Cipelah berkelok-kelok dengan jalan berbatu sehingga harus berhati-hati selama perjalanan, jika hujan turun, maka akses jalan bisa jadi tidak dapat dilewati.

Ruang kelas MI Cipelah dibangun dari bambu dengan pondasi kayu dan beratapkan jerami. Bangunan tersebut terdiri dari 4 kelas dengan ukuran 6 x 4 m, sedangkan ukuran ideal sebuah kelas yaitu minimal 7 x 7 m. Usia bangunan yang sudah lama menjadikan bangunan tersebut ambruk dan menyebabkan 2 kelas rusak parah dan tidak dapat digunakan, 1 kelas rusak dan tidak dapat digunakan, sedangkan 1 kelas lagi rusak ringan dan masih digunakan. Namun ruang kelas yang masih dapat digunakan dalam kondisi yang tidak layak.

Bantuan dari Pemda didapat pada tahun 2009 dengan membangun 3 ruang kelas baru. Ruang kelas baru tersebut digunakan untuk 3 ruang kelas dan 1 ruang guru, sehingga ada 1 ruang yang digabung dengan ruang guru. Anak-anak yang tidak kebagian kelas terkadang sekolah di teras sekolah.

Alhamdulillah pada tahun 2016 ada bantuan dari salah satu mitra RZ untuk membangun 1 ruang kelas baru namun jumlahnya masih belum memadai. Pada bulan Januari 2017 MI Cipelah 2 kembali mendapatkan bantuan dari para donatur RZ melalui web sharinghappiness.org. Bantuan tersebut digunakan untuk membangun 2 kelas baru yang letaknya di samping kelas lama yang sudah ambruk.

Ketika tim RZ berkunjung ke lokasi pada hari Kamis (26/01) lalu, proses pembangunan sudah sampai tahap akhir dan pengecatan untuk 1 ruang kelas, sedangkan proses pembangunan 1 ruang kelas lainnya masih dalam tahap pemasangan pondasi. Pembangunan kelas baru ini dilakukan oleh warga lokal yang tinggal di daerah sekitar karena mayoritas mata pencaharian di sana selain sebagai tani dan buruh dengan penghasilan tidak tetap. Meskipun biaya jasa bangunannya tidak sebesar di kota namun mereka menerima bekerja membangun sekolah tersebut karena sekolah tersebut merupakan tempat anak-anak mereka bersekolah.

“Setelah adanya bantuan dari RZ dan informasi mengenai sekolah kami yang diangkat melalui sharinghappiness.org, banyak media dan Pemda setempat yang berkunjung ke sekolah kami untuk melihat dan membantu mencarikan peluang kebaikan untuk membantu proses pembangunan kelas baru. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada donatur RZ yang telah membantu sekolah kami, memenuhi harapan siswa untuk belajar di kelas yang bagus dan nyaman, semoga semakin berkah dan sehat selalu.”, ucap ibu Aisya, Kepala Sekolah MI Cipelah 2.

Newsroom/Nur Shyfa
Cianjur

Tags :
Konfirmasi Donasi