BANTUAN SIAGA BENCANA UNTUK BANJARNEGARA

RZ banjarnegara2BANJARNEGARA. Bencana tanah longsor melanda Dusun Jemblung, Banjarnegara, pada hari Jumat (12/12), sekitar pukul 17.30 WIB. Sekitar 40 rumah yang dihuni sekitar 300 jiwa dari 53 keluarga tertimbun longsor. Jumlah warga Dusun Jemblung RT 05/RW 01 yang tertimpa longsor diperkirakan sekitar 100 orang, sedangkan warga lainnya berhasil menyelamatkan diri. Selain itu, sejumlah mobil yang sedang melintas di jalan Karangkobar-Banjarnegara turut tertimpa longsor.

Berdasarkan pendataan sementara, jumlah pengungsi bencana longsor Dusun Jemblung mencapai 577 jiwa yang tersebar di 10 pos pengungsian. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebut sudah ditemukan sebanyak 20 korban tewas dalam longsor di Banjarnegara. Selain itu, belasan orang mengalami luka berat, dan 88 orang masih dalam pencarian.

“20 tewas,11 orang luka berat, 4 orang luka ringan, 88 orang masih dicari, 577 jiwa mengungsi di 10 titik pengungsian,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Untuk meringankan beban para korban bencana, RZ pun melalui Relawan dari RZ Solo dan RZ Semarang berangkat menuju ke Banjarnegara untuk menyalurkan bantuan tahap 2, Sabtu (13/12). Bantuan yang dibawa berupa: Sebanyak 600 paket Superqurban, 100 Kg beras, 15 dus air mineral, 5 dus mie instan, 50 selimut, 40 paket pembalut, 20 paket diapers, sekop cangkul, perlengkapan mandi, dan kantong mayat.

Selain membawa keperluan logistik, RZ juga mengirimkan 20 personil Relawan dan 3 unit mobil ambulance untuk membantu mengevakuasi warga yang masih tertimbun longsor. Mengingat hingga siang ini, 108 warga yang diperkirakan tertimbun longsor belum semuanya ditemukan.***

Newsroom/RZ
Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi