SIMULASI BENCANA GUNUNG MELETUS UNTUK SEKOLAH BINAAN PELAJAR SIAGA

SIMULASI BENCANA GUNUNG MELETUS UNTUK SEKOLAH BINAAN PELAJAR SIAGAKEDIRI. Rabu (10/05), Relawan Rumah Zakat Kediri kembali mengadakan simulasi bencana dengan tema Gunung Meletus bersama 2 sekolah binaan Pelajar Siaga Bencana yang berasal dari SMAN 7 Kota kediri dan MAN 2 Kota kediri.

Acara yang berlangsung sejak pukul 07.00-11.30 dihadiri sebanyak 12 Relawan Rumah Zakat Kediri, 80 anggota PSB, 28 Anggota perwakilan masing-masing ekskul SMAN 7 Kota Kediri, 6 Anggota FPAK, anggota KSR UB, Stikes Ganesha, dan 4 stasiun tv lokal yang ada di kota Kediri.

Acara dimulai dengan pembagian peserta sesuai dengan cluster nya  masing-masing, diantaranya tim BPBD, DANDIM, DANLAP, Kapolri, Evakuator, tim triage, Relawan, Dapur Umum, Wartawan, Rumah Sakit Lapangan, Rumah sakit rujukan, dan juga beberapa trainer yang membantu memperlancar pelaksanaan masing-masing cluster.

Materi simulasi kali ini diantaranya, pendirian tenda, manajemen posko, simulasi disaster, TRC, assasment, SITREP, PPE (Pencarian Pertolongan dan Evakuasi), simulasi pemadaman kebakaran, PPGD & MFR, vertical rescue, manajemen RS lapangan dan rujukan, manajemen dapur umum, dan medis ambulan.

“Pelajar siaga bencana merupakan salah satu program bagus yang sangat perlu untuk diapresiasi, saya mengapresiasi kemauan rekan-rekan untuk belajar bersama tim relawan Rumah Zakat” ujar pak Abin, donatur Rumah Zakat yang memiliki basic keselamatan kerja saat menyampaikan evaluasi.

“Saya salut dengan adanya program pelajar siaga bencana yang dilakukan oleh rekan-rekan relawan, terlebih program ini ditujukan untuk adik-adik SMA. Semoga kedepannya program ini bisa terus berjalan” tutur Wahyu, selaku anggota KSR UB, yang saat evaluasi memberikan sharing pengalaman menjadi relawan Tsunami Aceh 2004.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terimakasih banyak teruntuk rekan-rekan Rumah Zakat yang telah mengadakan program pelajar siaga bencana. Simulasi yang berlangsung selama 6 bulan ini sangat luar biasa. paling tidak para peserta PSB sudah mempunyai dasar dan gambaran mengenai kebencanaan dan tindakan yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Semoga kedepannya kita bisa terus saling bersinergi untuk mengembangkan program ini” tutur Rizki selaku pendamping PSB SMAN 7 Kediri.

Kegiatan dilanjut dengan makan bersama, dilanjut dengan penyerahan sertifikat, merchandise, foto bersama, dan ditutup dengan pembongkaran tenda yang dilakukan bersama team Relawan Rumah Zakat Kediri, PSB, dan BPBD Kota Kediri.

Newsroom/Dian Ekawati

Kediri

Tags :
Konfirmasi Donasi