SINERGI RELAWAN RZ BANDUNG DAN BPBD TANGANI BANJIR SUMEDANG

SINERGI RELAWAN RZ BANDUNG DAN BPBD TANGANI BANJIR SUMEDANGBANDUNG. Relawan RZ Bandung bergerak, turut membantu warga terdampak bencana banjir yang terjadi di Dsn. Betok Desa. Sukamenak Kec. Darmaraja, Sumedang. Banjir ini disebabkan meluapnya sungai Cimuja yang masuk ke sawah, karena curah hujan cukup tinggi.

Kawasan banjir ini merupakan area genangan waduk Jatigede, namun perkiraan awal, 9 bulan setelah peresmian baru terjadi genangan. Kondisi yang diluar dugaan ini menyebabkan warga tidak siap dan saat ini pembangunan waduk terhenti karena terkendala hujan.

Hari ini ada beberapa relawan ada lokasi diantaranya BPBD Kab. Sumedang, Polres Sumedang, SATBRIMOB POLDA JABAR, PMI, SATPOL PP, serta para relawan. “Kami bersiaga untuk membantu anak sekolah, dan warga yangg akan menyebrang baik yang dari Kec. Darmaraja menuju Kec Wado ataupun sebalinya” Jelas Pardiman, koordinator Relawan RZ Bandung.

“Hari ini ada sekitar 7 perahu yang beroperasi untuk transportasi warga sekitar, dikarenakan debit air yang semakin bertambah setiap harinya, sehingga kendaraan roda dua, maupun roda empat tidak bisa melewati genangan tersebut” Tambah Pardiman.

Menurut informasi ada beberapa kecamatan yang akan terendam waduk Jatigede, antara lain:
Di kecamatan Jatigede ada lima desa yang terendam, meliputi Desa Jemah, Ciranggem, Mekarasih, Sukakersa dan Cijeungjing.

Kecamatan Jatinunggal hanya ada dua desa, meliputi Desa Sirnasari dan Pawenang. Kemudian Kecamatan Wado, Desa Wado, Padajaya, Cisurat, dan Sukapura. Sementara desa yang paling banyak terendam berada di Kecamatan Darmaraja. Ada 13 desa diantaranya Desa Cipaku, Pakualam, Karangpakuan, Jatibungur, Sukamenak, Leuwihideung, Cibogo, Desa Sukaratu, Tarunajaya, Ranggon, Neglasari, Darmajaya.

Dan yang terakhir Kecamatan Cisitu meliputi Desa Pajagan, Ciguntung, Cisitu, dan Sarimekar.
Banjir yang menggenangi jalan ini membuat arus jalan dialihkan. Untuk pengguna jalan yang akan melintas dari Bandung menuju Garut atau sebaliknya, jalurnya dialihkan ke Nagreg, Kabupaten Bandung.***

Newsroom/Nurmansyah
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi