SINERGI RUMAH ZAKAT DAN PEMUDA PANCASILA UNTUK PARA JOMPO DAN ANAK YATIM

JAKARTA. Rumah Zakat ingin mengajak semua elemen masyarakat untuk berbuat kebaikan, karena itu dalam momen Ramadhan ini Rumah Zakat menggandeng Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyalurkan zakat fitrah dan kado lebaran untuk keluarga pra sejahtera. Dalam program itu, Rumah Zakat menyalurkan 500 Kado Lebaran untuk anak yatim dan kurang mampu serta pendistribusian 400 paket Zakat Fitrah untuk keluarga pra sejahtera.

Chief Corporate Funding Officer (CCFO) Rumah Zakat, dr. Pamungkas Hendra Kusuma mengungkapkan, Rumah Zakat ingin menggandeng sebanyak mungkin komponen masyarakat dalam hal kebaikan, “Jadi kalau di dunia ini kan orang berebut lahan, tapi di surga itu lahannya tidak terbatas. Karena tidak terbatas itu kita ajak semakin banyak orang untuk berada di sana. Supaya kebaikan yang kita bagikan ini melibatkan sebanyak mungkin elemen,” Jelasnya di Jakarta, Selasa malam (7/9).

Dia menjelaskan, di tahun ini Rumah Zakat menggandeng Kementrian Negara Pemberdayaan dan Olahraga (Kemenpora). Kemudian Kemenpora merekomendasikan Rumah Zakat untuk bekerja sama dengan Pemuda Pancasila. Pemuda Pancasila adalah sebuah ormas yang sangat besar dan sudah cukup lama. “Mereka paham betul kondisi masyarakat titik yang butuh bantuan, karena itu Rumah Zakat senang sekali bisa bekerjasama seperti ini,” Jelas bapak yang biasa disapa dr. Pam ini.

Menurut Drs. Bambang Trijoko MM,MH, Asisten Deputi Pemberdayaan Lembaga Kepemudaan Kemenpora, kerjasama ini merupakan satu kegiatan yang baru kita lakukan di tahun 2010 sejak di perlakukan UU Kepemudaan. Di UU Kepemudaan ini diharapkan bahwa Pemerintah bersama-sama dengan masyarakat dan organisasi kepemudaan untuk melakukan suatu pemberdayaan, pengembangan, perlindungan dan saat ini dalam bulan suci Ramadhan penuh berkah Pemerintah dengan Rumah Zakat akan mengadakan pemberian zakat kepada fakir miskin.

”Mudah-mudahan bisa menjadi proyek, untuk kedepan kita tingkatkan lagi, ini satu pekerjaan yang sangat mulia. Pemerintah dan Kementrian akan menggandeng seluruh elemen untuk bersama-sama memberikan kebahagian kepada fakir miskin,” jelas Bambang.

Bambang menuturkan, kegiatan ini dikoordinir secara total supaya saat memberikan bantuan tidak terjadi korban,  ”Sekarang dengan adanya pembagian zakat dengan tim koordinir seperti ini insyaallah sudah jelas siapa yang berhak menerima, dan melaksanakannya pun dapat kita jalankan dengan baik. Jadi program kita ke depan adalah di ranah sosial.”

Senada dengan itu, Roberto Row, Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila DKI Jakarta menambahkan, banyak orang ingin beramal tetapi malah membuat petaka kepada orang lain. Kami tidak ingin itu terjadi maka kami membuat satu konsep kepada Menpora dan Rumah Zakat yaitu akan menyalurkan door to door. “Kami memberikan data resmi warga kurang mampu dan anak yatim kepada Rumah Zakat dan Menpora, kita pemberiannya langsung door to door. Mungkin kalau ditanya biaya, kami dari pemuda hanya dapat memberikan tenaga, kami punya orang dan anggota. Maka di bulan suci ini kami memberikan tenaga untuk melayani warga kurang mampu.”

Zakat Fitrah dan Kado Lebaran itu disalurkan di tujuh Kelurahan yaitu Kelurahan Penggilingan, Kelurahan Pulogebang, Kelurahan Ujung Menteng, Kelurahan Cakung Barat, Kelurahan Cakung Timur, Kelurahan Rawa Terate dan Kecamatan Jatinegara.

Salbiah (82 thn), salah satu penerima bantuan sangat terharu saat menerima bingkisan Kado Lebaran, menurutnya bingkisan itu sangat bermanfaat, “Ya alhamdulillah terima kasih banyak, didoain biar Rumah Zakat panjang umur dan murah rezekinya,” ujar nenek yang suaminya meninggal 32 tahun lalu.***

 

Newsroom/Tim Marcomm

Jakarta Timur

Tags :
Konfirmasi Donasi