SINERGI RUMAH ZAKAT DENGAN PUSKESMAS WUJUDKAN POSYANDU PERCONTOHAN

GUNUNG KIDUL. Pelayanan kesehatan ibu dan anak sangat penting dilaksanakan di masyarakat hal ini juga tidak lepas dari peran aktif kader kader kesehatan ditiap posyandu di wilayah Padukuhan, hal ini cukup vital karena data yang ada di Puskesmas dan Dinas kesehatan berasal dari para kader kesehatan yang ada ditingkat bawah.

“melalui posyandu keadaan kesehatan masyarakat bisa dipantau dan ditindaklanjuti misalnya kasus gizi buruk, demam berdarah dan lainnya” ujar Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Ruswanto.

Posyandu Sehat Ceria yang berada di Padukuhan Nangsri lor, Candirejo, Semanu, Gunungkidul merupakan rintisan Posyandu Mandiri dan menjadi percontohan dalam hal administrasi dan pengelolaan kegiatannya, hal ini tak lepas dari peran aktif para kader kesehatan yang masih relatif muda selain itu dukungan dan pembinaan dari Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat dan petugas kesehatan dari Puskesmas Semanu 2 yang selalu mendampingi kegiatan di Posyandu ini.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan hari ini Jumat (01/01), dengan dihadiri oleh lima orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Semanu 2 kegiatan posyandu berjalan dengan baik. Adapun kegiatanya meliputi pemeriksaan kesehatan dan perkembangan ibu dan anak, pemberian vitamin, pemberian makanan tambahan, konseling dan pendampingan serta pelatihan kader kesehatan.

“Dengan terwujudnya posyandu mandiri diharapkan mampu mengajak dan mendorong warga masyarakat untuk hidup sehat untuk menuju masyarakat yang maju” ujar Ruswanto.

Newsroom
Rifai Yusup/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi