SISIR DAERAH KEKERINGAN, RZ SALURKAN AIR BERSIH

RZ LDKO CilegonKENDAL. Memasuki musim kemarau banyak daerah di kabupaten Kendal yang mengalami kekeringan. RZ bersama para relawannya menyisir wilayah di kabupaten Kendal yang mengalami kekeringan.

Nantinya daerah yang belum tersentuh akan mendapat bantuan air bersih dari RZ. Hal ini dikarenakan Kabupaten Kendal termasuk salah satu wilayah yang rawan bencana kekeringan.

Berdasarkan laporan dan pemetaan langsung ke lapangan, ternyata ada beberapa daerah yang belum terpetakan sebagai daerah kekeringan. “Pemetaan yang kami lakukan berdasarkan informasi dari masyarakat dan berita di media massa” tutur Arif fajar Hidayat, Relawan RZ Kabupaten Kendal.

Droping air bersih yang dilakukan di fokuskan ke titik-titik masyarakat komunal terkecil (RT) yang belum tersentuh program pemerintah. “kita fokus pada daerah yang mungkin kelewatan atau yang benar-benar membutuhkan dan butuh penanganan cepat” tambah Arif fajar Hidayat.

Untuk pengadaan air bersih, RZ berkerjasama dengan pihak swasta. Secara tidak langsung pernah menjalin komunikasi dengan pihak PDAM Kendal, tetapi karena armada terbatas sehingga sulit untuk mengatur jadwalnya.

Apalagi PDAM saat ini bertanggungjawab atas suplai air bersih untuk 14 desa kekeringan. Sedangkan untuk dana, diambilkan dari mata anggaran dana darurat bencana RZ.

“Untuk mengatasi darurat kekeringan tidak semata tanggung jawab pemerintah. Kami dari RZ sebagai lembaga sosial dan kemanusiaan merasa terpanggil untuk berperan serta mengatasi bencana ini” jelas Arif fajar Hidayat.***

Newsroom/suaramerdeka.com
Kendal

Tags :
Konfirmasi Donasi