SISWA JUARA TANAM SEJUTA POHON UNTUK SURABAYA

RZ LDKO CilegonSURABAYA. Untuk mengawali semangat belajar di ahri Senin (11/01), para siswa SD Juara Surabaya melakukan outing class dalam rangka Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon yang biasa diperingati setiap tanggal 10 Januari. Daerah pesisir timur kota Surabaya menjadi tempat pilihan kegiatan menanam pohon ini. Pohon mangrove merupakan tanaman yang cocok untuk ditanam di sekitar area pantai itu.

Penanaman pohon mangrove ini bermanfaat sekali sebagai sarana untuk menopang adanya abrasi di sekitar pantai Surabaya serta bermanfaat untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang ada di sekitar pantai. Kegiatan kali ini menjadi petualangan yang menyenangkan bagi anak-anak SD Juara Surabaya, karena untuk menuju ke muara tempat penanaman pohon mangrove anak-anak bersama menaiki perahu kurang lebih 20 menit dari dermaga.

Pemandangan yang cukup indah serta udara yang segar menemani perjalanan anak-anak menuju lokasi, sesekali beberapa burung bangao menampakkan diri dan terbang di atas kami. Sesampai nya di muara kami didampingi petugas dari pihak mangrove menuju lokasi tempat menanam pohon, bukan tanah biasa yang menjadi media tanam kami tetapi komposisi kulit hewan laut seperti keong yang bercampur pasir yang menjadi tempat kami menanam.

Sehingga kami tidak perlu menggunakan cangkul untuk membuat lubang hanya sebuah pohon berdiameter 15 cm yang ditekan ke pasir sudah mampu membuat lubang tempat bibit mangrove. Di sisi lubang itu kami tancapkan bambu dan anak-anak dengan semangat meletakkan bibit Mangrove ke dalam lubang.

Proses terakhir penanaman yaitu mengikat bibit mangrove dengan bamboo tersebut dengan kencang. Walaupun banyak nyamuk besar di sekitar rawa/pesisir pantai yang bersarang di pohon-pohon besar, namun tidak membuat surut semangat anak-anak juara untuk bisa menjaga kota Surabaya tercinta.

Setelah misi penanaman pohon mangrove selesai, anak-anak menyempatkan istirahat sejenak di gazebo yang telah disiapkan sambil menikmati indahnya ciptaan Allah, lewat hamparan laut lepas didepan mata kami serta semilirnya angin di pinggir laut sehingga menambah kesejukan di siang itu. Petualangan anak-anak SD Juara Surabaya hari itu ditutup dengan naik perahu menuju dermaga sebelumnya dan akan menjadi pengalaman berharga yang tidak terlupakan bagi mereka.***

Newsroom/Suradin
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi