SISWA SD JUARA BELAJAR DI PELABUHAN

SURABAYA. Pagi di Pelabuhan Perak diramaikan dengan suara celoteh anak-anak. Tak biasanya anak-anak ada di area bongkar muat penuh kontainer itu. Kehadiran mereka cukup menyedot perhatian orang-orang di sana. Apalagi saat itu para siswa SD Juara tengah memakai atribut kelautan di tubuh mereka. Ada topi kapal, gambar ikan, jangkar, hingga bajak laut.

“Kali ini SD Juara mengajak siswa untuk mengenal dunia pelabuhan hingga bagaimana aktivitas dan kondisi di dalamnya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menginspirasi mereka dalam menggapai cita-cita,” ujar Herwin Ardianto, Wakasek Kesiswaan SD Juara.

Setelah mendapat pengarahan singkat dan serah terima cinderamata, puluhan siswa SD Juara kemudian diajak berkeliling area pelayanan PT Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Perak. Diantaranya Dermaga Jamrud yang merupakan pelayanan bongkar muat untuk tujuan nasional, dermaga bongkar muat tujuan internasional, dan Graha Berlian yang merupakan dermaga penumpang Tanjung Perak. Para siswa kagum atas tumpukan kontainer dan antrian kapal besar yang sandar di dermaga. Selain Terminal Jamrud dan Berlian, siswa juga diajak mengunjungi Terminal Nilam, Mirah dan Kalimas.

”Di areal Pelabuhan akan berbahaya kalo adik-adik berenang dan mencari ikan karena kedalaman dermaga lebih dari 12 meter. Bisa dibayangkan berapa kalinya tinggi dari tubuh adik-adik,” ujar Sulistiorini Kepala Humas PT. Pelindo III.

Muhammad Iqbal, siswa kelas III SD Juara tampak begitu girang bisa mengunjungi pelabuhan bersama teman-temannya. Sambil menunjukkan miniatur kapal yang telah dibuatnya, Iqbal mencoba membandingkan kapal miliknya dan kapal yang besar yang dilihatnya di dermaga.***

Newsroom/Farah Dwi Hasnitha
Regional Jawa Timur

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia