SISWA SD JUARA PEKANBARU LAKSANAKAN SHALAT GERHANA MATAHARI

SISWA SD JUARA PEKANBARU LAKSANAKAN SHALAT GERHANA MATAHARIPEKANBARU. (09/03), Peserta Didik SD Juara Pekanbaru Melaksanakan Sholat Gerhana Matahari, Kegiatan Sholat Kusuf (Sholat Gerhana Matahari) dilaksanakan di Masjid Adh-Dhiyyaa Kompleks PT. PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulawan Riau oleh PT. PLN (Persero). Kegiatan diikuti oleh ratusan jama’ah, Karyawan PLN, Majelis Guru dan Peserta Didik SD Juara Pekanbaru.

Gerhana Matahari merupakan peristiwa langka yang terjadi di Indonesia. Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Hari ini moment langka tersebut terjadi lagi di beberapa daerah di Indonesia setelah tahun 1983 yaitu Gerhana Matahari Total (GMT).

“Saat terjadi Gerhana Matahari, kaum muslimin disunnahkan melaksanakan Sholat Sunat Gerhana. Hendaknya kita menanamkan al khauf dalam diri kita. Kita manusia yang lemah dan Allah bekuasa atas segala sesuatu. Kaifiyat sholat kusyuf, sholat 2 rakaat. Setiap rakaat dua kali Alfatihah, dua kali rukuk dan dua kali i’tidal. Rukuk diperpanjang. Membaca ayat yang panjang dalam setiap rakaatnya.” Jelas Ustadz DR. Jhon Pamil, MA saat menyampaikan kaifiyat sholat gerhana dihadapan para jama’ah.

Khatib H. Syofyan Siraj, Lc, MM dalam khutbahnya menyampaikan beberapa point penting. “Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah dua diantara tanda kebesaran Allah. Kedua gerhana tidak terjadi karena kelahiran maupun kematian seseorang. Jika kalian menjumpainya maka dirikanlah sholat” HR. Bukhari-Muslim.
Hikmah yang terkandung dalam Gerhana Matahari diantaranya adalah:
1. Menunjukkan kebesaran Allah yang berkuasa mengatur alam semesta
2. Menimbulkan rasa takut dan gentar dalam hati orang beriman akan azab Allah.

“Alhamdulillah bisa melaksanakan Sholat Kusuf sekali seumur hidup. Semoga menjadi berkah dalam sisa umur berikutnya,” ujar Pak Pujiono, House hold SD Juara Pekanbaru.

Alhamdulillah Peserta Didik SD Juara Pekanbaru dapat melaksanakan rangkaian kegiatan dengan hikmat. Semoga kegiatan ini menjadi pembelajaran langsung bagi mereka dan menjadi karakter bagi mereka untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah penguasa jagad raya.***

Newsroom/Muhammad Bayu Putra
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi