SISWA SMK PETERNAKAN JUARA PERKUAT SKILL DENGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

SISWA SMK PETERNAKAN JUARA PERKUAT SKILL DENGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRISUBANG. SMK Peternakan Juara MTT menyelanggarakan Program wajib untuk siswa yaitu Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Juara yang diikuti oleh siswa kelas XI yang dimulai dari tanggal 4 April – 13 Mei 2016 di empat lokasi yang berbeda diantaranya:
1. Balai Pengembangan Ternak Sapi Perah Cikole (5 orang)
2. Balai Inseminasi Buatan Lembang (5 orang)
3. Nucleus Kreasi Mandiri Cibodas-lembang (4 orang)
4. PT. Insan Mulia Berdikari Sapi Perah di cisarua ( 5 Orang)

Program Wajib Tahunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, pengalaman serta keterampilan siswa di dunia peternakan khususnya agar siswa dapat merasakan dunia industri secara langsung di lapangan.

Ada banyak manfaat yang didapatkan siswa dari program prakerin ini. Salah satunya siswa yang mengikuti prakerin di Balai Pengembangan Ternak Sapi Perah Cikole lembang, mereka begitu menikmati kegiatan sehari-harinya dimulai pukul 05.00 WIB harus sudah ada di lokasi untuk melaksanakan aktifitas sanitasi kandang dan persiapan pemerahan sapi sampai pukul 16.30 WIB.

“Mereka Mendapatkan pengalaman dan wawasan baru yang belum mereka dapat di sekolah, seperti memerah sapi dengan mesin perah otomatis, mengikuti kegiatan Produksi Susu pasteurisasi dengan mesin canggih dari Jepang, dan banyak hal lainnya,” Ujar Isep Mulyana, Ketua program Prakerin SMK Peternakan Juara.

Hal yang membanggakan adalah ketika seorang guru produktif yang sedang monitoring ke beberapa lokasi prakerin Respon positif yang didapatkan dari semua lokasi prakerin adalah mereka salut dengan sikap dan kebiasaan ibadah siswa Juara yang rata-rata rajin beribadah dan tepat waktu seperti salat berjamaah, tilawah, dzikir Al-Matsurat dan lainya walaupun sibuk dengan pekerjaan di kandang dan tanpa ada pengawasan dari guru atau asrama.

“Insya Allah tanggal 13 Mei 2016 kita penutupan untuk prakerin kelas XI di tahun ini.” pungkas Isep.

Newsroom/Isep Mulyana
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi