SISWA SMP JUARA BANDUNG PELAJARI SEJARAH DENGAN FIELD TRIP

BANDUNG. SMP Juara Bandung, Selasa (03/10) melaksanakan field trip dengan tema “ Kenali Sejarahmu, Cintai Negerimu “.  Di kegiatan Field Trip ini 100 siswa kelas 7 dan 8 mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Kota Bandung, diantaranya adalah : Museum Konferensi Asia – Afrika atau Gedung Merdeka,  bekas sel  Bung Karno di Penjara Banceuy , Gedung Indonesia Menggugat dan Balai Kota Bandung.

Wakasek Kesiswaan SMP Juara Bandung, Agung menuturkan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu program dalam program Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK) dimana SMP Juara Bandung adalah sekolah percontohan untuk program ini.

“ Semoga siswa bisa mengenal sejarah , sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme dan menumbuhkan rasa cinta kepada negeri. Selain itu kegiatan ini dalam rangka menyambut hari Parlemen yang jatuh pada tanggal 16 Oktober” ujarnya.

Di Museum Asia – Afrika , siswa mendapatkan penjelasan dari petugas museum mengenai sejarah  Konferensi Asia – Afrika (KAA) yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 24 April 1955, selain itu siswa melihat foto – foto, benda – benda, serta film dokumenter mengenai KAA. Sebelum berangkat menuju tempat berikutnya, siswa SMP Juara Bandung mendapatkan ulasan mengenai KAA dari Wakasek Kurikukum Nunung Nurrohmah yang turut mendampingi siswa di kegiatan Field Trip ini.

Setelah itu siswa melanjutkan perjalanan menuju bekas sel Bung Karno di Penjara Banceuy, lalu menuju ke Gedung Landraad atau Gedung Pengadilan Negeri Hindia Belanda yang kini dikenal sebagai Gedung Indonesia Menggugat (GIM).

Perjalanan antar tempat dilakukan dengan berjalan kaki kurang lebih 4 KM dilakukan dengan penuh antusias ditengah awan mendung Kota Bandung. Tepat saat Shalat Dzuhur, siswa melaksanakan istirahat di salah satu Mesjid Besar di Kota Bandung yaitu Mesjid Al-Ukhuwah yang berada di seberang Balai Kota Bandungdan destinasi terahir adalah Balai Kota Bandung.

Acara ditutup dengan refleksi oleh Learning Support Unit Silka dan penyerahan lembar Kerja Siswa kepada guru, siswa pun merasa senang mendapatkan atmosfer belajar yang berbeda.

“Saya merasa senang degan kegiatan ini bisa merasakan pengalaman yang berbeda bila dibandingkan belajar di dalam kelas, walaupun cape karena perjalanan yang cukup jauh” ungkap Agi, siswa kelas 7.

Newsroom / Ginanjar Rahayu

Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi